Pagelaran Festival Literasi di Bulan Kunjung Perpustakaan

A-News.id, Tanjung Redeb – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau tengah bersiap untuk menggelar berbagai perlombaan serta seminar literasi dalam memperingati bulan kunjung perpustakaan yang jatuh pada September setiap tahunnya, Kamis (6/10/2022).

Agenda tersebut dimaksudkan untuk memancing gairah minat baca anak muda sekaligus meningkatkan persentase kunjungan perpustakaan.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Berau Yudha Budisantosa menyebut, berbagai lomba yang akan diadakan mulai lomba bertutur, mendesain batik, fashion show, hafalan surah-surah pendek Al-Qur’an dan Stand Up Comedy.

Sedang untuk seminar literasinya berisi tata cara menulis dan bedah buku dengan kategori peserta yang disiapkan mulai tingkat sekolah, perguruan tinggi dan umum dengan menghadirkan bintang tamu Duta Baca Indonesia (DBI) periode 2021-2026 Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal denga nama penanya, Gol A Gong.

Tak hanya itu, Dinas Perpustakaan juga menyiapkan pameran literasi untuk perpustakaan sekolah, desa hingga peserta lainnya yang ingin menampilkan kreasi dan koleksi buku-buku yang dimiliki pada peringatan bulan kunjung perpustakaan tersebut.

“Pelaksanaannya sudah dari September hanya pencanangannya baru kita laksanakan pada 7 Oktober,” katanya.

“Kita berharap dalam momentum bulan kunjung perpustakaan ini bisa menjadi upaya kita untuk meningkatkan literasi di Berau, salah satunya mengajak orang untuk berkunjung ke perpustakaan,” tambahnya.

Pada momentum itu pula, persentase tingkat kunjungan di Dinas Perpustakaan diakui meningkat hingga lebih 50 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

“Apalagi daripada tahun-tahun sebelumnya saat pandemi, bulan ini jauh lebih meningkat,” katanya.

“Harapan kita tentu meningkatkan minat baca di khususnya kalangan anak muda serta masyarakat pada umumnya. Di samping itu juga kita ingin menumbuhkan ide keinginan untuk menulis sebuah karya untuk anak muda,” jelasnya.

“Tentu tingkat literasi ini akan meningkat dan berkembang di masa-masa yang akan datang,” pungkasnya.

Festival literasi tersebut akan digelar selama 2 Bulan. Dimulai pada 7 Oktober dan berakhir pada 30 November 2022. Agar lebih meriah, diakhir acara panitia menyiapkan kejutan berhadiah bagi pengunjung perpustakaan yang beruntung. (mik/adv)

Bagikan