Follow kami di google berita

PAD Kota Samarinda Melebihi Target Sebelumnya, Komisi II DPRD Kota Samarinda Apresiasi Pemkot

(Foto: Anggota komisi II DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah/Ist)
(Foto: Anggota komisi II DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah/Ist)

Anews.id, Samarinda – Komisi II DPRD Kota Samarinda mengapresiasi Pemerintah kota (Pemkot) yang telah menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Samarinda sebanyak. Rp. 717 miliar,

Hal itu diungkapkan langsung oleh, anggota komisi II DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah. Ia menuturkan sebelumnya pihaknya menargetkan PAD Kota Samarinda 6 Miliar di tahun 2022. Namun nyatanta PAD Kota Samarinda melebihi target.

“Kenapa kami bisa menargetkan PAD diatas Rp. 6 M, Karena dalam hal ini kita melihat memang ada sumber potensi dalam peningkatan PAD yaitu di parkir dan pajak PBB serta partisipasi masyarakat cukup tinggi untuk PBB,” ungkap Laila saat dihubungi melalui sambungan seluler. Kamis (5/1/2023).

Tak hanya itu, Laila sapaan karibnya pun mengaku telah melihat sistem pendapatan PAD Kota Bontang yang berhasil mencapai angka 90% dari partisipasi masyarakat membaya pajak PBB.

“Kita mencontoh Kota bontang, agar memberikan reward kepada RT yang mencapai 90% untuk warga yang melakukan membayar PBB. Reward nya bisa sesuai dengan kemampuan daerah masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, politisi dari fraksi PPP itu menambahkan masyarakat berpartisipasi di pembayaran PBB yang masih berada di 30% saja. Namun jika untuk ASN itu sudah karena mereka diwajibkan untuk memberikan surat keterangan lunas PBB untuk mengambil Gajinya.

Setelah itu, Kata Dia untuk ditahun 2023, jika seluruh masyarakat beserta perangkat daerah bisa berperan aktif maka bisa memungkinkan PAD Samarinda terus meningkat.

“Tinggal ketua RT nya berperan aktif mengajak warganya agar berperan aktif membayar PBB, dan saya yakin tahun ini bisa mencapai 1 Triliun,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel