Follow kami di google berita

Nursobah Meminta Pemkot Samarinda Prioritaskan Persoalan Kemiskinan Ekstrem

Foto : Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Nursobah.(ist)

Anews.id, Samarida – Jumlah penduduk miskin di Kota Samarinda terhitung sangat banyak sekitar 9032 jiwa. Dari seluruh jumlah tersebut, ada 1600 jiwa yang masuk dalam kategori miskin ekstrem. Dari data tersebut, Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda, Nursobah, menyoroti persoalan tersebut.

Kemudian, Nursobah meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Samarinda dapat menjadikan program prioritas di kemiskinan ekstrem tersebut.

“Itu data dari PMK RI yang diantarkan ke Samarinda. Melihat kondisi itu saya mengusulkan agar penanganan masalah kemiskinan itu menjadi prioritas pembangunan Pemkot Samarinda,”imbuh Nursobah.

Ia menilai, upaya menurunkan angka kemiskinan ekstrem bisa melalui ketahanan keluarga dan lingkungan. Salah satunya melalui tingkat paling bawah. Tingkat RT atau di setiap pengurus masjid.

“Angka itu bisa diselesaikan. Di Samarinda ini kan ada 500 masjid dan langgar. Berarti masing-masing masjid dan langgar ini bisa memberi bantuan kepada tiga kepala keluarga,”ujarnya.

Dengan demikian biaya simpanan yang dikelola oleh masjid dan langgar dapat menanggung bahkan dapat memberikan solusi dalam pemecahan kemiskinan.

“Saya rasa ekonomi masjid bisa mengatasi kemiskinan, apabila uang masjid digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin,” terangnya.

Dirinya meyakini, bahwasanya dengan budaya saling membantu sesama warga, maka kemiskinan ekstrem bisa dihilangkan di Kota Samarinda.

Bagikan

Subscribe to Our Channel