Follow kami di google berita

Muncul Kasus Hepatitis Misterius, Dinkes Berau Tingkatkan Kewaspadaan

A-News.id, Tanjung Redeb – Kementerian Kesehatan meminta warga waspada akan penyakit hepatitis misterius yang menyerang anak-anak. Ini setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus Hepatitis Akut yang Belum Diketahui Penyebabnya (Acute Hepatitis of Unknown Etiology) yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia sejak 15 April 2022.

Kewaspadaan tersebut makin meningkat setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo (RSCM) Jakarta dengan dugaan penyakit itu meninggal dunia. Kematian ketiganya dalam waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 31 April 2022.

Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengatakan, kasus ini merupakan kasus baru yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan RI, namun penyakit hepatitis ini berbeda pada umumnya.

“Hepatitis yang dirilis Kemenkes ini sangat berbeda dengan Hepatitis B atau C. Sampai sekarang masih dipelajari,” ujarnya.

Menurutnya, kasus itu telah diketahui oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.

“di Kaltim hepatitis yang dimaksud belum ada dilaporkan oleh kabupaten atau kota di Kaltim,” terangnya.

Pihaknya pun saat ini sedang memantapkan untuk tracking kasus Hepatitis di Berau.

“Kami sudah minta kepada puskesmas untuk melakukan pemantauan terhadap pelaku perjalanan dan orang yang mengidap Hepatitis,” tegasnya. (poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel