Momentum Hari Koperasi Nasional 12 Juli, Diskoperindag Dorong Koperasi Lebih Kreatif di Masa Pandemi

ANews, Berau – Dalam momentum hari koperasi nasional yang diperingati setiap 12 Juli, Plt. Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindagkop) Berau Salim, menuturkan agar peran koperasi sebagai badan usaha mampu menghasilkan ide kreatif dan mandiri terutama kepada pelaku UMKM.

Lantaran kata Salim, di masa pandemi covid-19 seperti sekarang, banyak dari pelaku UMKM yang mengalami kerugian, selain karena tingkat penjualan yang menurun, jam operasi untuk berjualan pun kini terbatas.

“Sebetulnya mereka (koperasi) secara kelembagaan dan regulasi itu harusnya menghimpun para UMKM ini untuk pemasaran produk-produk lokal melalui koperasi,” kata Salim saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/7/2021).

“Dan mereka punya modal dari hasil usaha simpan pinjam yang mereka adakan di dalam organisasi ini, tentu itu bisa memberikan motivasi, modal para anggotanya untuk melakukan usaha-usaha rumahan,” tambahnya.

“Jadi kita harapkan melalui koperasi ini memberikan motivasi ke para anggota untuk lebih kreatif di masa pandemi ini, untuk melakukan aktivitas ekonomi,” katanya.

Namun sebagai fugsi monitoring, ujar Plt. Kadiskoperindag itu, pihaknya tetap memantau kinerja dari koperasi yang ada di Bumi Batiwakkal. Diantaranya adalah melihat aktivitas yang sehat dan mandiri.

“Bagaimana ke depannya koperasi ini bisa lebih baik dan melalui koperasi ini diharapkan ekonomi di kabupaten Berau bisa lebih stabil, kemudian UMKM lebih tumbuh. Saat ini kan UMKM sekitar 14 ribu dari awalnya Cuma 1.500,” ujarnya.

“Jadi intinya koperasi ini bagaimana UMKM itu tumbuh melalui koperasi, koperasi ini mendorong para UMKM perorangan ini bisa tumbuh,” katanya.

“Kami juga perlu benahi bagaimana koperasi di Berau ini terutama bisa lebih transparan dalam pengelolaan anggaran SHU tiap tahunnya, kita terus lakukan pembinaan,” pungkasnya. (mik)

Bagikan