Makam Waliyulah Banyak Tersebar Di Kabupaten Berau. Masrani: Jalan Menuju Pemakaman Kami Usulkan Diaspal

Masrani | Kadisbudpar Berau

A-NEWS.ID, TANJUNG REDEB – Baru-baru ini di Kabupaten Berau kembali menemukan makam Wali Allah Syekh H. Abdul Karim Al-Banjari di lokasi pemakaman muslimin di Kampung Sukan Tengah, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau.

Ditemukannya Kuburan tersebut juga memberi dampak terhadap bertambahnya destinasi Wisata Religi di Kabupaten Berau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Berau Masrani, mengatakan, selain Wisata Alam, Wisata Religi juga lebih dominan menarik Wisatawan datang berkunjung khususnya umat muslim.

Selain wisata makam para Wali Allah, wisata religi lain yang juga tidak luput dari kunjungan wisatawan diantaranya bangunan bersejarah, seperti masjid Keramat yang ada di sekitar kuburan Kerajaan Gunung Tabur dan masih banyak lagi lainnya.

“Di Gunung Tabur dan Sambaliung juga banyak, selain penyebar agama juga ada Sultan-Sultan, kemarin juga di sukan baru ditemukan juga, di Batu Putih juga ada, penasihat-penasihat Raja Alam itu,” terang Masrani.

Masrani juga menambahkan, makam yang ada di Mayang Mangurai dekat Lamin Kecamatan Teluk Bayur, sekarang sudah dapat menggunakan jalur darat yang dulunya hanya melewati jalur air.

“Jalan yang menuju makam itu sudah dapat lewat darat, jalur perusahaan tinggal kita rapikan, cuman sekarang belum bagus,” tambah Masrani.

Kedepannya Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan terus mengembangkan seluruh Pariwisata di Kabupaten Berau khususnya Wisata Religi yang diusulkan agar jalan ke pemakaman tersebut diaspal demi kenyamanan penziarah yang datang ke makam baik itu dari dalam atau luar daerah.

 

Bagikan