Follow kami di google berita

Mahasiswa yang Bakal Laksanakan Kuliah Lapangan Diterima dengan Senang Hati Oleh Komisi IV DPRD Kaltim

(Foto: Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub/Ist)
(Foto: Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya'qub/Ist)

Anews.id, Samarinda – Bagi mahasiswa di Kaltim yang ingin melaksanakan kuliah lapangan akan diterima dengan senang hati oleh Komisi IV DPRD Kaltim. Tidak lama ini, DPRD Kaltim dikunjungi oleh mahasiswa Prodi Administrasi Publik Universitas Mulawarman (Unmul) dengan tujuan untuk mempelajari berbagai macam hal.

Rusman Ya’qub, selaku Anggota Komisi IV DPRD Kaltim menyatakan bahwa DPRD Kaltim pun dapat menjadi wadah pembelajaran khususnya yang berkenaan dengan lembaga legislatif bagi para mahasiswa yang tertarik. Begitu pula adanya DPRD Kaltim tidak hanya sebagai lembaga pemerintahan.

“Kegiatan study tour mahasiswa Unmul itu bertujuan untuk mempelajari proses formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan publik di lembaga legislatif DPRD Kaltim,” ungkapnya.

Demikian, mahasiswa Unmul tersebut mendapatkan pembelajaran terkait formulasi kebijakan dan secara bersamaan melakukan studi komparatif. Mereka pun dapat mengetahui praktik secara langsung dalam membuat kebijakan sampai dengan tahapan implementasi dan evaluasi.

“Bagaimana praktiknya membuat kebijakan itu kemudian implementasi kebijakan dan evaluasi kebijakan,” sambungnya.

Rusman yang merupakan salah satu dosen di prodi tersebut membenarkan bahwa ia tidak jarang membawa mahasiswanya untuk menyaksikan secara langsung ke lapangan berkenaan dengan proses administrasi atau tahapan-tahapan dinas pemerintahan yang dikerjakan di lembaga parlemen.

Menurut salah satu politisi dari PPP itu, kegiatan study tour berperan penting bagi mahasiswa dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis. Terlebih lagi, jika dibandingkan dengan mendengarkan teori di ruang kelas, kuliah lapangan tentu memberikan pengalaman yang berbeda.

“Kalau di sini ada tataran praktisnya, ada empiriknya yang mereka temukan. Praktisnya seperti apa kesenjangan antara teori di bangku kuliah dengan kenyataan di lapangan,” tutupnya. (Adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel