Follow kami di google berita

Madri Sarankan Pemkab Siapkan Lahan Expo untuk Meningkatkan Perekonomian Lokal

A-News.id, Tanjung Redeb – Pagelaran Berau Expo 2023 yang digelar tahun ini sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Berau dan HUT Kota Tanjung Redeb menarik minat para pelaku UMKM.

Agenda ini pun mendapat apresiasi dari ketua DPRD Berau, Madri Pani. Dengan adanya gelaran Berau Expo ini, dirinya berharap dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.

Namun ada yang menjadi perhatian Madri Pani. Yakni lokasi Berau Expo yang digelar di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, ini dianggap tidak representatif. Pasalnya lokasinya yang sempit membuat tenda yang disiapkan panitia terbatas. Bahkan untuk mengakomodasi permintaan pedagang, pihak pelaksana memanfaatkan badan jalan di lokasi tersebut. Dampaknya, lanjut Madri Pani, aktivitas kendaraan jadi terhambat.

“Kami menyambut baik Berau Expo ini sebagai wadah menggeliatkan perekonomian masyarakat. Tapi kalau bisa, lokasi kegiatan seperti ini betul-betul representatif dan tidak mengganggu aktivitas pengendara,” beber Madri, Rabu (1/11/2023).

Menurutnya, kegiatan Berau Expo sebenarnya sudah jadi agenda tahunan. Bahkan sebelum pandemi Covid-19 lalu, gelaran seperti ini kerap dilaksanakan.

Karena itu, lanjut Madri, sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau,  menyediakan lahan yang memadai untuk area Expo. Sehingga dengan lahan memadai, Expo bisa digelar kapan saja yang dapat memberikan peluang bagi pengembangan perekonomian lokal serta meningkatkan pariwisata.

“Lahan untuk Expo merupakan langkah strategis dalam mendukung perekonomian masyarakat. Dengan adanya Expo, akan ada banyak peluang bisnis baru yang muncul, baik itu dari sektor kuliner, pariwisata, maupun industri lokal lainnya. Selain itu, Expo juga bisa menjadi sarana promosi untuk produk-produk unggulan daerah,” beber politikus Partai NasDem ini.

Dia menambahkan, Expo akan menjadi wadah bagi pelaku usaha lokal untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk mereka kepada masyarakat, bahkan hingga skala nasional. Selain itu, Expo juga diharapkan dapat menjadi pusat pertemuan dan berbagai kegiatan pameran yang melibatkan masyarakat secara luas.

“Saya sepakat Berau Expo ini wadah meningkatkan ekonomi. Tapi saya sarankan cari tempat yang lebih memadai. Sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat,” ujarnya.

 “Kami juga meminta agar lahan yang disediakan memiliki infrastruktur yang memadai, seperti akses jalan yang baik serta sarana parkir yang memadai. Hal ini akan menarik minat pengunjung dan pelaku usaha,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel