Follow kami di google berita

Lantik Pj Kakam Bebanir Bangun, Bupati Ingatkan Pengelolaan Anggaran

A-News.id, Tanjung Redeb – Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, melantik dan mengambil sumpah jabatan Penjabat (Pj) Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun, Kecamatan Sambaliung, di Gedung Serbaguna Kampung Sei Bebanir Bangun, Senin (18/9/2023).

Penjabat yang dilantik yakni Hermansyah, Kasi Pemerintahan Kecamatan Sambaliung, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Berau Nomor 449 Tahun 2023 per tanggal 31 Agustus 2023. Penjabat Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun dilantik menggantikan Muhammad Rasatkan, yang mengundurkan diri sebagai kepala kampung lantaran mencalonkan sebagai calon legislatif (Caleg)

Dalam kesempatan ini, Sri Juniarsih berharap Pj Kepala Kampung Bebanir Bangun dapat segera melakukan koordinasi dengan BPK (Badan Permusyawaratan Kampung), LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), RT, PKK, Posyandu, Karang Taruna dan semua lembaga yang ada di Kampung Sei Bebanir Bangun, dalam rangka memberdayakan masyarakat dengan memaksimalkan potensi sumber daya alam dan manusia.

“Penting bagi Pj Kakam untuk dapat menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan BPK dan lembaga kampung lainnya,” kata Sri Juniarsih.

Dikatakannya, setelah dilantik, Pj Kakam memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memimpin pemerintahan, mengelola pembangunan, dan memajukan masyarakat Kampung Sei Bebanir Bangun.

“Saya berharap Pj Kakam dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan kinerja terbaik, profesional, dan akuntabel,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Sri Juniarsih, Kampung Sei Bebanir Bangun sudah berstatus mandiri. Dia berharap status ini terus dipertahankan sambil meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mengembangkan seluruh potensi yang ada.

Yang tidak kalah penting adalah aspek ketertiban, keamanan, dan kenyamanan hidup bermasyarakat yang juga perlu diperhatikan oleh kepala kampung melalui optimalisasi peran dan fungsi Babinkamtibmas dan Babinsa, dalam rangka menciptakan kondusivitas kampung.

“Ciptakanlah suasana yang rukun, aman, damai, dan saling menghargai di tengah masyarakat,” ujarnya.

Bupati juga menekankan agar Pj kakam  dapat mengelola anggaran yang bersumber dari Dana Desa, ADK (Alokasi Dana Kampung), bagi hasil pajak dan retribusi daerah, Bantuan Keuangan Kabupaten, serta Bantuan Keuangan Provinsi Kaltim, secara baik dan benar.

“Untuk menghindari kekeliruan pengelolaan anggaran, saya minta tetap lakukan koordinasi dengan Camat maupun perangkat daerah terkait,” tegasnya

Dirinya berharap aparatur pemerintahan di Kampung Bebanir Bangun dapat mengarahkan program kebijakan pembangunan kampung dengan memanfaatkan peluang dan potensi yang ada di kampung ini. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Yang juga kalah penting untuk jadi perhatian optimalkan BUMK yang sudah berjalan dengan mengembangkan berbagai unit usaha. Jangan sampai pemerintah kampung dan masyarakat justru hanya menjadi penonton di kampung sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pembangunan di berbagai bidang yang dilaksanakan muaranya  untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang adil dan merata. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah, mulai dari pemenuhan fasilitas listrik, sarana kesehatan, hingga pengembangan sektor ekonomi kreatif dari pedesaan.

Untuk itu, dirinya mengajak aparatur Pemerintahan Kampung Sei Bebanir Bangun agar menjalin sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Berau dan mendukung visi, misi serta 18 program prioritas Pemkab Berau.

“Ini perlu saya sampaikan agar apa yang dilakukan ke depan tidak hanya bersifat rutinitas, atau hanya menggugurkan kewajiban sebagai Pj Kepala Kampung,” imbuhnya.

Sri Juniarsih juga menyampaikan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan kepada Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun, Muhammad Rasatkan atas pengabdian dan dedikasi memimpin Kampung Sei Bebanir Bangun. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel