Follow kami di google berita

Lakukan Monev, Sekda Berau Kunjungi 22 Desa di Pesisir

A-News.id, Biduk-Biduk – Sekretaris Daerah Berau, Muhammad Gazali melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) ke beberapa sarana dan prasarana fasilitas publik yang ada di wilayah pesisir Kabupaten Berau, Selasa (16/8/2022).

Sebagaimana yang diketahui, monev dilakukan sebagai bagian dalam proses pengumpulan data realisasi program atau kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan capaian evaluasi kinerja.

Apabila monitoring dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya yang sesuai dengan pedoman dan perencanaan program. Juga memberikan informasi kepada pengelola program apabila terjadi hambatan dan penyimpangan, serta sebagai masukan dalam melakukan evaluasi.

Sekda Berau, M. Gazali menuturkan beberapa fasilitas masyarakat yang menjadi sasarannya, antara lain fasilitas pendidikan yang berada di bawah naungan pemerintah daerah seperti sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, disusul layanan kesehatan berupa puskesmas pembantu.

Adapun penyaluran lain untuk kesejahteraan masyarakat yang juga tak luput dari pantauan adalah penyaluran air bersih, listrik, jaringan telekomunikasi, realisasi alokasi dana kampung jalan umum dan lain sebagainya.

Dari jadwal yang diperoleh, ada sebanyak 22 kampung disambangi oleh Gazali. Desa tersebut tersebar di tiga Kecamatan mulai Biduk-Biduk, Batu Putih dan Talisayan.

 

“Kegiatan ini untuk memantau sarana dan prasarana yang dimiliki oleh kampung di wilayah pesisir Berau, untuk mengamati serta antisipasi upaya pemecahan apabila ditemui permasalahan, Insya Allah todak” katanya saat dijumpai tim A-News.id pada sela-sela monev.

“Insya Allah tidak ada kejanggajalan kita hanya melihat perkembangan dari sapras dan pengelolaan keuangan yang diperoleh oleh aparatur kampung dan kecamatan,” tandasnya.

Monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Sekda itu juga sebagai rangkaian dalam melihat sejauh mana realisasi program unggulan Bupati-Wakil Bupati Berau.

Misalnya, peningkatan infrastruktur jalan untuk menunjang perekonomian kampung, program peningkatan sarana fasilitas air bersih dengan 25 ribu sambungan baru dan listrik diseluruh kampung dan tata kelola pemerintahan yang baik dan berkualitas melalui sumber daya manusia (SDM) yang profesional berbasis digital teknologi. (Adv/Amat DJ)

Bagikan

Subscribe to Our Channel