Follow kami di google berita

Dorong Perkembangan Wisata Balikpapan, Relawan PLN Gelar Bersih Pantai di Situs Sejarah

A-News.id, Balikpapan – Memperingati hari lingkungan hidup sedunia, PLN UID Kaltimra bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan menggelar aksi konservasi dan bersih-bersih pantai guna mencegah dampak abrasi di sepanjang Pantai Smacly Balikpapan.

Kegiatan ini diikuti sekitar 250 partisipan yang terdiri dari Relawan PLN UID Kaltimra, DLH Balikpapan, SMK Negeri 5 Balikpapan, Pokdarwis dan aktivis penggiat lingkungan yang ada di Balikpapan. Kepala Sekolah SMK 5 Balikpapan Mohammad Arifin mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PLN dan berharap dapat diikuti perusahaan perusahaan lain yang ada di Balikpapan. “Kami harap kegiatan baik ini dapat terus berkesinambungan dan dapat diikuti oleh perusahaan lainnya dan pantai ini bisa menjadi alternatif wisata keluarga untuk masyarakat Balikpapan,” ungkapnya.

Di sisi lain Irma Nurmayanti SIP
Kabid Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Hidup berharap kegiatan Konservasi ini dapat menumbuhkan geliat sektor wisata yang ada di Balikpapan apalagi Pantai Smacly ini masih satu kawasan dengan situs sejarah Makam Jepang yang merupakan peninggalan Perang Dunia Ke – 2. ” kami mengapresiasi kegiatan hari ini yang dilaksanakan oleh PLN dan kami berharap kegiatan ini dapat menyemangati Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Pantai Smacly untuk terus berkreasi dan menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata pilihan yang ada di Balikpapan,” Ujar Irma.

Sementara itu Senior Manager Keuangan, Komunikasi Dan Umum PLN UID Kaltimra Efron Lumban Gaol menyatakan aksi ini merupakan bentuk kepedulian pegawai PLN lewat kegiatan Volunteer. Selain itu PLN juga memberikan bantuan berupa fasilitas dan peralatan untuk membersihkan dan menampung sampah pantai lewat Program PLN Peduli. ” ada 7 kegiatan yang kami lakukan hari ini untuk bersih-bersih pantai dan pencegahan abrasi diantaranya pembersihan sampah disekitar pantai, lalu pemilahan sampah organik dan unorganik, penanaman bibit cemara dan mangrove, pengisian kantung pasir sebagai penghalau arus air dan penimbangan sampah. Selain itu kami juga memberikan bantuan peralatan kebersihan, menanam, bibit serta bak penampungan sampah,” ujar Efron Lumban Gaol.

Selain itu Gandi Salah satu volunteer dari penggiat lingkungan yang juga turut serta dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada PLN dan berharap kegiatan serupa bisa sering dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada dibalikpapan. ” kegiatan PLN Peduli hari ini luar biasa sekalu dan kami berharap aksi ini dapat menumbuhkan kesadaran kita bersama untuk menjaga ekosistem yang ada dengan memperhatikan kelestarian lingkungan khususnya yang ada di kawasan Pantai Smacly ini,” tuturnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel