Follow kami di google berita

KUPP KELAS II TANJUNG REDEB DAN PT. MITRA SAMUDERA KREASI TANDATANGANI PERJANJIAN DALAM RANGKA SEWA BARANG MILIK NEGARA BERUPA SEBAGIAN TANAH DAN/ATAU BANGUNAN PELABUHAN TANJUNG REDEB

ANEWS, Jakarta – Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb – Ditjen Perhubungan Laut dan Dirut PT. Mitra Samudera Kreasi (BUP) menandatangani Perjanjian Sewa dan Berita Acara Serah Terima dalam Rangka Sewa Barang Milik Negara berupa Sebagian Tanah dan atau Bangunan di lingkungan Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, Berau Kalimantan Tmur, Senin, 11/1/2021 di Kantor Ditjen Perhubungan Laut, Jakarta.

Kemenhub Cq. Ditjen Perhubungan Laut melalui Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb menyerahterimakan Barang Milik Negara melalui perjanjian sewa berupa Tanah Bangunan Kantor Pemerintah pada Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, Kalimantan Timur seluas 1.200 m2, 2.262 m2, 1.157 m2 untuk dioperasikan sebagai lahan lapangan penumpukan. Mewakili Dirjen Hubla, Sesditjen Hubla, Andi Hartono menyampaikan, bahwa perjanjian sewa ini dilaksanakan sebagai upaya optimalisasi pemanfaatan BUMN berupa Lahan Lapangan Penumpukan pada Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb sehingga dapat meningkatkan PNBP.

Kegiatan penandatanganan perjanjian tersebut dihadiri Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut, Andi Hartono mewakili Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian, Dirut PT. Mitra Samudera Kreasi, Ayi Prayana, Dirut PT. Prima Anugerah Sejahtera Nusantara, Wawan Nugrahi, dan Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan Berau, Nadirsyah, yang mewakili Kadishub Berau.

Agus H. Purnomo, Dirjen Perhubungan Laut, dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Ditjen, Andi Hartono, menyambut baik adanya kerjasama ini, yang merupakan suatu upaya untuk melegalisasi aset-aset yang ada di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan adanya bentuk sinergi antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dengan PT. Mitra Samudera Kreasi, sebagai salah satu Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya yang dibacakan Sesditjen Andi Hartono itu, Dirjen Perhubungan Laut juga berharap melalui perjanjian ini dapat memberikan nilai positif pada peningkatan penerimaan negara dan peningkatan ekonomi sekitar karena dengan adanya pengembangan infrastruktur pelabuhan diharapkan sektor perekonomian di Provinsi Kalimantan Timur akan semakin baik sesuai dengan arahan Presiden RI dan Menteri Perhubungan untuk terus mendorong sektor perekonomian di berbagai daerah.

Menutup sambutannya, Dirjen ingin mengajak semua pihak, untuk bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai tupoksi masing-masing dalam mengoptimalkan potensi Pelabuhan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau -Kalimantan Timur sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Timur. Dirjen pada kesempatan itu juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini.

Semoga ke depan kerjasama yang baik ini dapat terus ditingkatkan serta dapat memberikan manfaat yang besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional.

Sementara itu, Wawan Nugrahi menyampaikan PT. Mitra Samudera Kreasi bekerjasama dengan PT. Prima Anugerah Sejahtera Nusantara (PASN) sebagai pelaksana di lapangan dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam kelancaran arus ekonomi di dua provinsi (Kaltim-Kaltara), dan melaksanakan arahan Menteri Keuangan RI dalam memanfaatan lahan negara yang selama ini ‘tidur,’ yaitu eks gudang pelabuhan menjadi penumpukan peti kemas.

Ditambahkannya, bahwa Presiden Jokowi memprioritaskan pihak swasta dulu, jika mampu melaksanakan kerjasama dengan pihak pemerintah. Dan ditengarai upaya yang dilakukan PT. Mitra Samudera Kreasi dan PT. Prima Anugerah Sejahterah Nusantara ini merupakan perjanjian investasi swasta perdana dengan pihak Ditjen Pelabuhan Laut. (nov/jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel