Follow kami di google berita

Kreasi Inovatif M. Ichsan Rapi, Hadirkan Bantuan Aladin

A-News.id, Tanjung Redeb – Membuat program bantuan kepada masyarakat adalah sebuah tindakan yang patut diapresiasi dan dicontoh. Terlepas dari latar belakang apa yang disandang oleh orang yang membantu itu. Karena sejatinya, orang baik adalah orang yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

Seperti halnya legislator ini, dengan menghadirkan bantuan renovasi rumah bagi masyarakat yang membutuhkan atau masyarakat yang tergolong tidak mampu. Bantuan tersebut bertajuk ALADIN, sebuah kreasi yang inovatif, karena menggunakan istilah unik.

Program bantuan renovasi Atap, Lantai, dan Dinding (ALADIN) ini, dicetuskan oleh Sekretaris Komisi III DPRD Berau, M. Ichsan Rapi.

Pria yang akrab disapa Daeng Iccang ini, menjelaskan bahwa bantuan Aladin disalurkan berdasarkan informasi dari pihak RT yang mengetahui secara faktual rumah warga tidak mampu yang paling membutuhkan perbaikan.

“Sebagai wakil dari masyarakat, kita harus mampu menyerap aspirasi mereka. Turun ke bawah melalui kelembagaan atau melalui kegiatan reses, kadang nongkrong langsung bersama warga. Dari hasil usaha itu, diperoleh informasi bahwa banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan perbaikan rumah. Misal, rumah warga yang atapnya bocor. Khususnya warga yang tidak mampu. Datanya berasal dari kelurahan yang diperoleh dari pihak RT,” beber legislator Partai Gerindra ini.

Lanjut Daeng Iccang, melalui reses itulah, dirinya mendapatkan informasi masyarakat mana membutuhkan bantuan perbaikan rumah.

“Sebenarnya Aladin plus MCK yang diprioritaskan di dapil saya, Dapil Tanjung” ujarnya.

Program bantuan Aladin ini diprioritaskan di setiap kelurahan di Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Dikatakannya, tentu saja ada persyaratan untuk mendapatkan program tersebut.

“Rumahnya harus milik sendiri dan diusulkan dari RT bersangkutan atau dari kelurahan yang menerangkan sebagai warga yang kurang mampu,” jelas Ketua GPMB ini.

Bantuan Aladin yang dicetuskan Daeng Iccang ini mendapat sambutan yang luar biasa, baik dari warga maupun pemerintah setempat. Karena bantuan tersebut langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Pihak kelurahan dan RT menyambut baik bantuan ini. Alhamdulillah, mereka sangat terbantu. Semoga bantuan ini bisa terus terlaksana dan menyebar ke wilayah lain,” pungkas pria yang juga menjabat Ketua PSTI dan Ketua IKA Unhas Berau ini. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel