Follow kami di google berita

Konsen Kembangkan Pariwisata

A-News.id, Tanjung Redeb – Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam pembangunan di Kabupaten Berau. Pemerintah daerah pun terus berusaha mengembangkan pariwisata yang ada.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, mengatakan, saat ini Pemkab Berau tengah konsen mengembangkan pariwisata. Mulai dari pemenuhan sarana dan prasarana, pembangunan fasilitas pendukung seperti jalan menuju objek wisata, promosi, hingga pengembangan SDM.

Dikatakannya, sarana dan prasarana pariwisata terus ditingkatkan. Begitu juga infrastruktur pendukung pariwisata, seperti jalan menuju destinasi wisata terus ditingkatkan.

“Pemkab Berau terus berupaya menyempurnakan jalan menuju tempat pariwisata,” katanya, dalam kegiatan Coffee Night Bupati Berau bersama Jurnalis, Sabtu (6/5).

Tidak hanya itu, pembangunan gedung pariwisata yang sempat mangkrak juga akan dilanjutkan. Bahkan pembangunan gedung yang sebelumnya merupakan kewenangan pemerintah provinsi, kini diambil alih pemerintah kabupaten.

“Memang untuk pembangunan gedung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, sebelumnya dilakukan pemerintah provinsi. Tetapi saat ini sudah diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Berau. Tahun ini ada anggaran sekitar Rp 5 miliar untuk lanjutan pembangunannya,” jelasnya.

“Hal ini merupakan komitmen dan keseriusan kami menyempurnakan sarana dan akses menuju destinasi wisata,” lanjutnya.

Selain itu, pemerintah juga terus melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM sebagai salah satu sektor pendukung pariwisata.

“Ketika wisatawan masuk, tentu UMKM juga merasakan dampaknya dan akan meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Berau. Memang saat ini pariwisata belum maksimal menyumbang PAD. Tapi paling tidak cukup berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kampung,” jelasnya Sri Juniarsih.

Menurut bupati, keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur menjadi peluang bagi Berau untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. “Kabupaten Berau nantinya akan menjadi penyangga dari IKN. Ini kesempatan yang harus dimanfaatkan,” imbuhnya. (to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel