Follow kami di google berita

Komisi I Bersama Disdukcapil Akan Sosialisasikan Peralihan KTP ke IKD

(Foto: Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Joha Fajal/Yud)

Anews.id, Samarinda – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Joha Fajal, bersama pihaknya dukung peralihan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke format digital melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Peralihan KTP ke IKD akan diterapkan di seluruh Indonesia, termasuk Kota Samarinda.

Maka dari itu Komisi I DPRD Samarinda bersama Disdukcapil siap membantu menyosialisasikan program tersebut ke seluruh masyarakat Kota Tepian.

Bukan haya itu saja, Joha menilai KTP digital ini dapt memberikan kemudahan administrasi pada masyarakat. Lantaran, pada saat ini masyarakat lebih mementingkan handphone dibandingkan KTPnya.

“Sehingga pada suatu saat nanti di perjalanan, kalau toh KTP ketinggalan, maka dia tetap bisa mengaksesnya melalui aplikasi. Ini harapan kami,” ujarnya.

“jika KTP fisik hilang, masyarakat tidak perlu kesusahan mengurusnya. Karena data tersebut ada di aplikasi IKD.” sambungnya.

Dilihat dari segi anggaran pun, adanya KTP digital ini bisa mengalihkan anggaran KTP fisik ke program lain.

Komisi I menyatakan pihaknya bersama komisi lain akan mensosialisasikan peralihan KTP tersebut melalui kegiatan reses ataupun sosper. Sehingga, program tersebut bisa berjalan maksimal dan baik.

Bagikan

Subscribe to Our Channel