Dekranasda Gelar Pesona Batik Berau dan Upayakan Peningkatan Ekonomi Untuk Pengrajin Batik

A-News.Id, Tanjung Redeb – Upaya untuk membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bumi Batiwakkal terus digalakkan. Salah satunya terhadap pengrajin batik Berau. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau menggelar Pesona Batik Berau tahun 2022.

Ketua Dekranasda Berau, Sri Aslinda mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda tahunan yang terus dilaksanakan. Dimana, kegiatan itu dilaksanaka sebagai wujud perhatian dan kepedulian Dekranasda terhadap keberlangsungan batik khas Berau.

Diakuinya, saat ini sedikitnya ada 17 jenis batik Berau yang sudah mendapat hak paten. Hal itu pun tentunya menjadi bekal kepada pengrajin, untuk bisa lebih meningkatkan kualitas dan mutu dari batik yang diolah.

Menurutnya, saat ini batik Berau telah dikenal hingga ke manca negara. Dimana, batik Berau sudah dipasarkan hingga ke luar negeri.

“Batik Berau sudah sampai keluar negeri,” ujarnya.

Diakuinya, kerjaninan batik Berau pun saat ini sudah digunakan oleh beberapa pejabat tinggi negara. Antara lain, Menteri BUMN, Erick Tohir hingga Istri Wapres RI.

“Kami sudah memberikan dan memperkenalkan batik Berau ke pejabat negara. Tentunya dengan harapan agar batik Berau bisa semakin dikenal dan menaikan harga jualnya,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Berau, Gamalis mengaku, pemerintah kabupaten Berau memberikan dukungan penuh terhadap kemajuan UMKM di Bumi Batiwakkal. Tak terkecuali untuk pengrajin batik.

Dikatakannya, Berau telah memiliki Perbup yang membuktikan bahwa perhatian pemerintah sangat serius.

“Perbup Nomor 43 tahun 2021 tentang pemanfaatan batik khas daerah,” tegasnya.

Lanjutnya, kedepan penggunaan batik Berau dilingkungan Pemkab Berau bersifat wajib. Tak tangung-tanggung, jika menolak akan ada sanksi yang diberikan.

“Sanksi administratif menanti, jika tidak mau menggunakan batik Berau,” tandasnya. (Poh)

Bagikan