Follow kami di google berita

Kodim 0902 Berau Gelar Latihan Menembak Senjata Ringan Triwulan II Tahun 2022

A-News.id, Teluk Bayur – Meningkatkan kemampuan menggunakan senjata api, prajurit Kodim 0902 Berau gelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan II Tahun 2022, Rabu (8/6/2022).

Latihan menembak itu, digelar di lapangan tembak Batalyon Armed 18 Komppsit/Buritkang, di Jalan Poros Samarinda, Kampung Labanan Makmur, Kecamatan Teluk Bayur. Dengan diikuti oleh 30 orang prajurit.

Adapun rangkaian latihan, dimulai dengan apel pengecekan amunisi dan kondisi lapangan tembak pada pukul 09.00 Wita. Dilanjut dengan menyusun regu penembak hingga latihan tembak dengan menggunakan tiga sikap yakni tiarap, jongkok dan berdiri.

Koordinator Latihan, Kapten Inf. Makin Effendi menyebut, dalam pelaksanaan pelatihan yang digelar selama dua hari sejak, Selasa (7/6/2022) dan berakhir pada, Rabu (8/6/2022) tersebut menggunakan 20 pucuk senjata api laras panjang. Yang masing-masing adalah 9 pucuk jenis M 16 dan 11 pucuk jenis SS 1.

“Kegiatan latbakjatri ini merupakan program latihan siklus tahun anggaran 2022 Kodim 0902 Berau yang diselenggarakan oleh Staf Ops, tujuannya untuk kesiapsiagaan dan meningkatkan kemampuan masing-masing prajurit,” ujarnya.

Perwira balok tiga itu menuturkan pula, selama berlangsungnya latihan, maka setiap penembak akan selalu dimonitor oleh koordinator latihan, sehingga apabila terjadi suatu permasalahan baik dari kondisi senjata api maupun standar operasional prosedur tata cara menembak, maka dapat segera diatasi.

“Setiap prajurit akan melaksanakan tembakan dengan koreksi 3 butir peluru dengan menggunakan sikap tiarap,” kata Kapten Effendi.

“Adapula melaksanakan tembakan penilaian dengan 10 butir peluru,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel