Follow kami di google berita

KAMPUNG TUBAAN DAN DUMARING TERIMA BANTUAN ALAT TANGKAP

ANEWS, Berau – Program Peningkatan Sarana Perikanan Bidang Tangkap Tahun Anggaran 2021, Dinas Perikanan Kabupaten Berau telah mengucurkan bantuan berupa alat tangkap tramel net kepada 2 kampung yaitu kelompok nelayan di Tubaan dan Kampung Dumaring.  Hal ini disampaikan Jen, Kabid Penangkapan dan Pelayanan Usaha Dinas Perikanan kabupaten Berau, Selasa, 16/3/2021.

Lebih lanjut Jen mengatakan bahwa dua kampung ini selama ini memang belum pernah menerima bantuan dari Dinas Perikanan Kabupaten Berau.

“Ada 270 set untuk 27 orang dan ada 110 set di kelompok Dumaring untuk 11 nelayan,” imbuhnya.

Jen berharap dalam masa kondisi pandemi ini nelayan masih bisa menangkap ikan di daerahnya untuk semaksimal mungkin untuk kesejahteraan anggotanya. Dan Dia juga berpesan agar kelompok harus bisa mengelola bantuan ini karena ini bentuk bantuan kelompok yang diketuai ketua kelempok, dan diharapkan mereka bisa berkembang.

Jen juga menyarankan agar dalam satu kelompok bisa ada semacam dana bergulir yang disepakati oleh kelompok itu sendiri tanpa memaksa kepada anggota.

“Ini harus dirembukkan, berapa iurannya, itu kita serahkan kepada kelompok,” tambahnya.

Jadi penilaian dinas atas kelompok nelayan adalah selain alat tangkap dan hasil yang digunakan juga pengembangannya, nah pengembangan ini dinilai dari laporan keuangan. Mudah-mudahan dengan adanya laporan keuangan yang meningkat, mereka bisa kembali lagi memberikan kepada anggotanya yang membutuhkan,“ pungkasnya.

Untuk nelayan-nelayan yang belum nendapatkan bantuan agar membentuk kelompok dan mendaftarkan ke kepala kampung masing-masing yang nanti akan disampaikan ke Dinas Perikanan Kabupaten Berau.

Seperti diketahui bahwa program-program yang sudah berjalan ini juga merupakan usulan mereka (kelompok nelayan) sendiri. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel