Follow kami di google berita

Kadin Berau : Peran Penting Swasta Majukan Ekonomi Kreatif Pariwisata di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Berau memaparkan pentingnya peran swasta dalam memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata di Bumi Batiwakkal. Ketua Kadin Berau, Fitrial Noor mengatakan banyak kemajuan industri ekonomi kreatif dan pariwisata di Berau yang diminati oleh mancanegara.

Pipit sapaan akrabnya yang juga sekaligus mendampingi Dekranasda Berau untuk mengikuti beberapa event baik dalam kota, luar kota hingga ke negara tetangga mengatakan atas arahan Pemda Berau, ekonomi kreatif dan pariwisata di Berau banyak yang menyoroti. Hal ini dikatakannya saat sambutan acara penyambutan tim penilai panji keberhasilan bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Balai Mufakat Rumah Jabatan Bupati Berau, Sabtu (7/10).

Usaha yang tak sia-sia itu menjadi semangat mereka agar berkembangnya produk UMKM dan destinasi wisata di Berau dapat lebih maju. Bahkan pihaknya bergerak dengan bantuan peran swasta tanpa menggunakan anggaran APBD Kabupaten Berau saat mengikuti event di Sabah Malaysia.

Setiap kerajinan maupun destinasi wisata yang dipamerkan ke setiap event besar, stand yang dimiliki Dekranasda Berau selalu antusias dikujungi masyarakat karena memiliki keunikan tersendiri dimata pengunjung.

“Walaupun dekranasda sifatnya membina dan memasarkan produk olahan kerajinan di Berau, tapi disetiap event kami selalu sisipkan objek destinasi wisata di Berau, hal ini juga atas arahan Bupati dan Wakil Bupati Berau serta stakholder terkait,” ujar Pipit.

Diriny menjelaskan, awal tahun 2023 lalu, pihaknya beserta tim mengikuti event besar tepatnya di Mall Sarinah Jakarta. Kehadiran mereka menjadi satu satunya mewakili Kaltim yang memamerkan produk UMKM serta produk wisata yang paling memukau.

“Warga Jakarta saat itu sangat antusias mengujungi stand kami dan sangat berminat mengunjungi Berau,” ujarnya.

Produk UMKM Berau juga menjadu salah satu produk yang sesuai syarat daapt dipasarkan di mall tersebut. Karena untuk dapat menjual produk tersebut butuh seleksi yang cukup ketat.

“Sedangkan kita ditawarkan untuk bisa dipasarkan di Mall itu,” katanya.

Pihaknya juga melakukan pemasaran ke Medan saat itu mendapatkan apresiasi oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor karena menjadi pelopor serta aktif mempromosikan wisata dan kerajinan lokal yang ada di Berau.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendatangkan langsung pengrajinnya agar dapat melihatkan secara langsung seperti apa kerajinan tersebut dibuat baik itu penenun hingga pengrajin limbah kayu ulin yang tak terpakai.

“Sangat apresiasi pak Isran Noor waktu itu, karena ini menunjukkan bahwa karya tersebut berasal dari tangan pengerajin asal Berau,” bebernya.

“Kita juga mendapat apresiasi oleh ibu Iriana Jokowi meraih gelar secara nasional sebagai karya kriya terbaik Indonesia 1 kategori kayu tingkat nasional,” tambahnya.

Dekranasda Berau juga menghadiri event di Malaysia beberapa waktu lalu kegiatan Sabah International Expo 2023 ini di ikuti oleh 20 Negara dan Delegasi Indonesia di wakili oleh KJRI Kinabalu, Disperindagkop Kaltara, Kadin Kalbar, dan dari Kaltim diwakili oleh Dekranasda Berau.

Stand Berau bahkan dikunjungi Minister Of Industrial Depelovment and Enterpreneurship (MIDE) atau (Mentri Pembangunan Perindustrian dan Keusahawanan merangkap Adun Luyang) Malaysia, Mr. YB Phoong Jin Zhe, Selain itu juga dikunjungi Mr. Rusmin Lawin Global Ambassador of Real Estate Indonesia in Promoting Indonesia and Asia (Duta Promosi Indonesia).

“Serta Datu Seri Panglima Haji Masidi Manjun Minister of Finance Sabah (Menteri Keuangan Sabah),” tuturnya.

Yang paling menggembirakan kata Pipit adalah antusiasme warga Kinabalu serta Malaysia, mereka pada umumnya terkesan terhadap produk-produk kriya dan produk olahan makanan asal Berau yang dibawa ke sana. Bahkan banyak pengunjung yang tidak kebagian.

“Inilah yang menjadi kepuasan tersendiri,” singkatnya.

Kemudian pihaknya dibantu pihak KJRI Kinabalu dikunjungi oleh perwakilan KADIN Sabah dan mengajak untuk bekerjasama dalam memasarkan produk-produk dari Berau ke Kinabalu. Pada event ini juga kami turut mempromosikan destinasi wisata yang ada di Berau.

“Hal ini juga mendapatkan antusiasme dari pengunjung. Melihat ini, Bapak Rafael Walangitan selaku Konsulat Jendral KJRI telah berdiskusi dengan pihak Kinabalu agar bisa terwujud rute penerbangan Kinabalu-Balikpapan sehingga bisa connect dengan rute Balikpapan-Berau dan bisa mempermudah akses menuju destinasi wisata yang ada di Berau,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga kolaborasi antara Dekranasda dengan pihak swasta yang di koordinir oleh KADIN Berau, sehingga Berau bisa tampil di kegiatan Expo Internasional. (Yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel