JOE BIDEN: TRUMP MEMALUKAN BELUM AKUI KEKALAHANNYA

Presiden terpilih AS Joe Biden menyebut sikap Donald Trump memalukan.

ANEWS, Jakarta – Penolakan Donald Trump untuk mengakui kekalahan dalam Pilpres AS memalukan, kata Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Biden menyebut sikap Trump tersebut tak membantu proses transisi.

“Saya hanya berpikir itu memalukan, sejujurnya,” kata Biden ketika ditanya apa pendapatnya tentang penolakan Trump untuk mengakui kekalahan, seperti dilansir dari AFP, Rabu (11/11).

“Bagaimana saya bisa mengatakan ini dengan bijaksana. “Saya pikir itu tidak akan membantu warisan presiden,” kata Biden kepada wartawan di kampung halamannya di Wilmington, Delaware.

Namun, Bidden mengatakan penolakan Trump tak akan mempengaruhi pemerintahan AS yang baru di bawah kepemimpinannya.

“Saya pikir pada akhirnya, semuanya akan membuahkan hasil pada tanggal 20 Januari, dan antara sekarang dan nanti, harapan dan harapan saya adalah bahwa orang Amerika benar-benar tahu, dan memahami bahwa telah ada transisi,” ujarnya.

Ketika ditanya apa yang akan disampaikan kepada Trump, Biden berharap dirinya berbicara dengan Trump. “Tuan Presiden, berharap dapat berbicara dengan Anda,” kata presiden terpilih dari Partai Demokrat itu.

Trump diketahui masih belum mengakui kekalahan dalam Pilpres AS hingga hari ini. Ia pun kembali mengklaim kemenangan dalam Pilpres AS lewat Twitter.

“Kita akan menang!” cuit Trump lewat twitter pribadinya, Selasa (10/11).

Trump menolak mengakui kemenangan Biden. Ia mengatakan Biden terlalu terburu-buru mengklaim kemenangan setelah jaringan televisi AS mengumumkan kemenangan Demokrat.

Trump beserta tim kampanye menegaskan bakal menempuh jalur hukum untuk menolak hasil pilpres yang memenangkan Joe Biden.

Ia dan timnya menuduh terjadi kecurangan di Pennsylvania dan negara bagian lain yang memenangkan perolehan suara Biden. Namun, klaim tersebut dilontarkan tanpa bukti.

Berdasarkan hasil proyeksi media, Biden akan menjadi Presiden ke-46.

setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang.

Biden sekarang memiliki total 279 suara elektoral dengan Donald Trump meraih 214 suara. (jul/fra)

Bagikan