Follow kami di google berita

Jembatan Sambaliung Bakal Ditutup

A-News.id, Tanjung Redeb — Jembatan Sambaliung yang sudah lama dikeluhkan masyarakat akhirnya akan diperbaiki dalam waktu dekat ini. Perbaikan Jembatan tersebut telah dianggarkan sebanyak Rp 20 miliyar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Saat dikonfirmasi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengerjaan jembatan Sambaliung, Nyoman S, mengatakan rencana perbaikan itu diperkirakan bakal menutup secara keseluruhan akses masuk dan keluar Jembatan Sambaliung, sehingga pihaknya akan berkoordinasi kepada Pemkab Berau mengenai pengalihan lalu lintas.

“Kami sedang berkordinasi dengan Pemkab Berau untuk alternatif lalu lintasnya. Saat ini masih dalam pembahasan, setelah final pasti kami sosialisasikan khususnya ke masyarakat,” jelasnya.

Nyoman menerangkan, Jembatan Sambaliung berada pada titik koordinat 2°09’12”N 117°30’45”E, yaitu di Kecamatan Tanjung Redeb dan Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Jembatan Sambaliung adalah satu-satunya penghubung lalulintas darat dari Tanjung Redeb menuju Kecamatan Sambaliung, Kecamatan Talisayan dan Kecamatan lainya di kabupaten Berau.

Hasil kajian teknis tim ahli Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur pada bulan Nopember Tahun 2021 merekomendasikan perlu adanya perbaikan pada komponen Jembatan, lantai jembatan dan perkuatan pondasi pilar jembatan.

Pemprov Kaltim mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 miliyar untuk perbaikan Jembatan berasal dari dana APBD Tahun Anggaran 2022. Dirinya pun menjelaskan, tipe jembatan yang akan dibangun adalah rangka menerus kelas B. Dengan panjang jembatan 180 meter. Terbagi menjadi tiga bentang, yang setiap bentang memiliki panjang 60 meter.

“Main roadnya 6 meter, terotoar 0,5 meter setiap sisi,” jelasnya.

Adapun tahapan pengerjaannya adalah, pemancangan, penambahan pile cap, pembongkaran lantai jembatan, pemasangan stringer, penggantian bearing, pemasangan lantai dan pengaspalan.

Sementara itu, penanganan pengerjaan, pengerasan aspal lebar 6 meter dengan tinggi 5 centimeter. Trotoar lebar 0,5 meter tinggi 20 centimeter. Dack Slab lebar 7 meter, T 25 centimeter, Steel Dack lebar 7 meter, tinggi 1 cm, Stringer H 450 x 200.

“Nanti juga Bakal ada penambahan pile cap dan penambahan tiang pancang baja D 600 meter,” pungkasnya. (poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel