Follow kami di google berita

Jelang Pileg 2024, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kaltim Ingatkan Tak Kampanye Saat Kunjungan ke Dapil

(Foto: Ketua Badan Kehormatan DPRD Kaltim, Sutomo Jabir/Ist)
(Foto: Ketua Badan Kehormatan DPRD Kaltim, Sutomo Jabir/Ist)

Samarinda – Menjelang Pemilihan legislatif (Pileg) yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 mendatang, Badan Kehormatan DPRD Kaltim ingatkan anggota dewan tidak melakukan kampanye saat kunjungan ke Daerah Pemilihan (Dapil).

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kaltim, Sutomo Jabir menegaskan, bahwa hal itu sesuai dengan ketentuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyatakan kegiatan anggota legislatif seperti kunjungan di dapil tidak diperkenankan ada unsur kampanye. Selain itu, saat ini tahapan menuju Pemilu 2024 belum masuk pada kampanye.

“Saya selama ini kalau kegiatan seperti (kunjungan dapil) hanya menggunakan logo DPRD Kaltim, karena sudah ada imbauan dari Bawaslu juga,” ucapnya Sutomo Jabir, Kamis (9/3/2023).

Atribut maupun logo partai juga tidak diperkenankan dipajang dalam kegiatan anggota legislatif saat berkunjung ke dapil.

Seperti kegiatan penyerapan aspirasi dan sejumlah kegiatan lainnya yang berhubungan dengan konstituen.

Tomo, sapaan akrab Politisi PKB Kaltim ini, turut menyampaikan, agar ini menjadi perhatian seluruh anggota DPRD lainnya dalam menjalani kewajiban sebagai legislatif.

Sejauh ini teman-teman juga mematuhi imbauan yang ada, karena sekarang partai peserta Pemilu kan sudah ditetapkan jadi sudah tidak bisa berbau kampanye saat kegiatan seperti itu,” sambung Tomo.

Kegiatan juga turut diawasi aparat yang memiliki kewenangan pengawasan kampanye.

Surat teguran atau surat protes dari Bawaslu sendiri terkait temuan pelanggaran yang menjadi ketentuan juga belum oernah diterima Badan Kehormatan DPRD.

Hal itu, memastikan seluruh anggota DPRD Kaltim sampai saat ini masih mematuhi aturan yang ada.

“Selama ini juga setiap kegiatan reses dipantau dengan Bawaslu hingga tingkat kelurahan maupun desa,” pungkasnya. (Adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel