Follow kami di google berita

Insya Allah Tahun Ini Rantau Panjang Bebas Blank Spot

A-News.id, Tanjung Redeb – Kondisi tidak adanya jaringan internet di Kampung Rantau Panjang, Kecamatan Sambaliung sudah diketahui oleh Pemkab Berau. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diakominfo) masih menunggu realisasi dari pihak perusahaan telekomunikasi terkait lanjutan penanganan tower, Kamis (9/6/2022).

Staf Teknis Diskominfo Berau, Syarifuddin Nur menuturkan, pihaknya sudah duduk bersama dengan perusahaan Mitratel dan Telkom untuk mencari jalan keluar penanganan tower yang ada di Rantau Panjang.

Kata dia, penanganan terkait itu, dipastikan akan dikerjakan pada tahun 2022 ini. Keyakinan tersebut saat setelah dirinya, mengetahui bahwa aduannya sudah dikonfirmasi oleh pihak penyedia infrastruktur pemancar jaringan yakni Mitratel, akan segera membangun base transceiver station (BTS) atau stasiun pemancar dasar di menara tower Rantau Panjang.

Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah, suatu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan operator.

“Alhamdulillah rencananya itu mereka (telkom) melalui koordinatornya di Samarinda lagi mengajukan proposal untuk memasang BTS di Rantau Panjang,” tuturnya.

“Terakhir chat pihak telkom ke saya itu, intinya proposalnya sudah masuk dan semoga bisa oke dari regional dan implementasikan,” tambah Syarif sapaan akrabnya.

Jika sudah disetujui, lanjut Syarif terkait proses pemasangannya pun dipastikan tidak memakan waktu yang lama.

“Intinya kita masih menunggu tindak lanjut dari pihak regional telkom. Mudah-mudahan dalam tahun ini, karena itu memang sudah dikoordinasikan dengan pihak pimpinannya (telkom),” katanya.

“Tapi saya rasa tahun ini, karena penanganan tower Rantau Panjang ini memang kita kejar terus itu nah,” pungkasnya.

Sementara itu, kata Staf Teknis tersebut, ada 9 tower di Berau yang memang sudah terbangun. Diantaranya yakni, Merabu, Sido Bangen, Long Lanuk, Punan Mahakam, Birang, Pegat Batumbuk, Long Ayan, Punan Malinau dan Pulau Besing.

Dari 9 tower tersebut, baru 3 yang sudah berfungsi, yakni Long Ayan, Bukit Makmur dan Sido Bangen.

Diberitakan sebelumnya, tower telekomunikasi di Kampung Rantau Panjang, Kecamatan Sambaliung sudah terpasang namun kondisinya terbengkalai. Untuk mendapatkan layanan internet, warga setempat menggunakan modem dengan menaruhnya di atap rumah dengan diderek menggunakan tali pada media bambu maupun tiang. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel