Follow kami di google berita

Harus Gesit Loby ke Provinsi dan Pusat Mengenai Anggaran

A-News.id, Tanjung Redeb – Dalam memenuhi kebutuhan sektor di Kabupaten Berau tentu tak hanya dapat mengadalkan APBD saja, dalam contoh kecil infrastruktur jalan dalam setahun paling tidak membutuhkan anggaran sekitar Rp 3 triliun untuk mewujudkan aspirasi masyrakat.

“Baik pembangunan jalan baru dan perbaikan,”  ujar Wakil Ketua II DPRD Berau, Ahmad Rifai.

Selain itu, masih banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan di Musrenbang. Jumlah itu tentunya sangat besar, tertutama untuk sektor pendidikan yang sudah pasti memakan sebanyak 20 persen dari APBD.

“Belum lagi sarana air bersih, kesehatan perkebunan, pertanian, listrik, jaringan telekomunikasi, bantuan sosial dan usaha lainnya,” tuturnya.

Rifai meminta agar Pemkab Berau memang harus lebih kreatif menarik anggaran dari luar misalnya provinsi maupun pusat untuk membantu pembangunan di Berau.

Apakah berupa kucuran anggaran atau berupa kegiatan fisik atau proyek sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Upaya lobi ke Pemprov maupun ke Pempus harus dilakukan.

Rifai menyebutkan, Pemkab Berau harus bisa melihat peluang untuk cermat mengambil peluang untuk menarik dana pemerintah pusat, untuk pembangunan daerah.

DPRD dalam hal ini tentu tidak akan tinggal diam. Sinergi sebagai bagian dari Pemkab berau. DPRD Akan ikut melakukan lobi dan mencari celah turunnya anggaran ke Berau.

”Kita harus kreatif, tidak bisa mengandalkan APBD kita untuk memenuhi semua kebutuhan pembangunan,” jelasnya.

Apabila hubungan dengan kementerian di pusat baik, maka bantuan pemerintah pusat akan lebih mudah turun.

Tetapi tentunya, pihak kementerian memerlukan sejumlah persyaratan seperti misalnya data,laporan khusus, usulan dan detail lainnya. Seperti misalnya usulan dari Dinas pariwisata untuk peningkatan akses menuju kawasan wisata, yang bisa dikorelasikan dengan kementerian PUPR.

“Tentunya, Kementerian PUPR memerlukan data objek wisata secara detail. Seperti potensinya, jarak tempuhnya, anggaran yang dibutuhkan dan fasilitas pendukung yang sudah ada,”pungkasya (Adv/yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel