Follow kami di google berita

GEDUNG RKB MEGAH SMAN 1 TENGGARONG DIRESMIKAN ISRAN, SARANKAN PENDIDIKAN KEMBALIKAN KE KABUPATEN/KOTA

ANews, Tenggarong – Selama Delapan tahun cuma jadi rangka, akhirnya gedung baru Ruang Kegiatan Belajar(RKB) komplek SMAN 1 Tenggarong terbangun megah, dan diresmikan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor. Senin 19 April 2021.

Kedatangan Isran bukan hanya meresmikan gedung RKB SMAN 1 Tenggarong saja, tapi sekalian meresmikan gedung SMAN 3 Muara Muntai dan SMAN 2 Tabang.

“Alhamdulillah, gedung SMAN 1 Tenggarong sudah berdiri megah, setelah menunggu Delapan tahun lamanya, ” ucap Kadisdikbud Kaltim, Anwar Sanusi.

Anwar bercerita, untuk membangun gedung SMAN 1 Tenggarong sebentar saja, hanya cukup melaporkan ke gubernur, ada perintah langsung dikerjakan.

“Saya lapor ke gubernur, ada perintah dari pak Isran, pembangunan gedung SMAN 1 Tenggarong harus selesai pembangunannya, ” jelasnya.

Masalah pembangunan gedung SMAN 1 yang lama, hanya pada sisi pelimpahan asetnya, dari Kabupaten diserahkan ke Provinsi, karana sejak UU nomor 23/2014 tentang pemerintahan daerah, untuk urusan pendidikan SMA/SMK diserahkan ke provinsi.

“Pembangunannya melalui APBD Kaltim tahun 2020,” paparnya.

Sementara itu, Isran juga merasa senang, sekolah pilihan di Tenggarong tersebut, sudah bertambah 13 RKB, yang harapannya, penambahan fasilitas maka semakin meningkat juga kualitas SDM di Kaltim.

“Sekalipun ada sarana pendidikan ada yang belum lengkap, tapi pendidikan bisa lebih maju, asal komponen pendidikan terus mau belajar dan membaca referensi untuk mau berubah lebih baik lagi, ” ucap Isran.

Isran menyebut, secara pribadi lebih senang, urusan pendidikan dikembalikan lagi kewenangannya ke Kabupaten dan Kota, karena yang lebih tahu kondisi pendidikan di lapangan adalah Disdikbud Kabupaten. Pemprov hanya koordinasi dan mentransfer dana bantuan untuk sekolah yang ada di Kabupaten dan Kota saja.

“Contoh, yang lebih ngerti kondisi sekolah terjauh di Mahakam Hulu, ya Pemkab Mahulu. Pemprov belum tentu kuasai, ” jelasnya.

Meluapkan kesenangan, terpancar dari wajah Kepala SMAN 1 Tenggarong, Asran memastikan, jika pembelajaran tatap muka(PTM) berlangsung, maka tidak ada lagi siswa yang masuk siang hari, semuanya masuk pagi.

“Dari 13 ruangan tersebut, ada salah satu ruangan yang dipakai untuk laboratorium komputer, ” ucap Asran, yang dari 2018 menjabat sebagai Kepsek. (Ris)

Bagikan

Subscribe to Our Channel