Follow kami di google berita

Era Digitalisasi Tak Perlu Pusat Informasi Pariwisata, Gedung Disbudpar Bagusnya Dijadikan Hotel Saja

A-News.id, Tanjung Redeb — Anggota Komisi III DPRD Berau, Muhammad Ichsan Rapi yang dikonfirmasi pada Jumat (19/8) mengungkapkan, tidak adanya kejelasan lanjutan pembangunan gedung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, di Jalan Pulau Derawan, sebaiknya diambil alih oleh Pemkab Berau dan dijadikan hotel guna menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Menurutnya, lokasi gedung tersebut cocok untuk dijadikan hotel, mengingat lokasinya di tengah kota dan juga area pusat kuliner. Dengan posisi yang layak dipertimbangkan tersebut, Icang sapaan akrabnya yakin tamu akan banyak menginap di lokasi tersebut.

“Bisa saja hotelnya dikelola oleh Pemda Berau, jadi hotel plat merah,” paparnya.

Dikatakan Icang, gedung tersebut yang dibangun sejak 2016 lalu, hingga kini masih terbengkalai dan tanpa ada progres lanjutan. Terlebih anggaran yang dibutuhkan cukup besar, jika ingin menyelesaikan bangunan tersebut.

“Itu anggarannya kurang masih di atas Rp 10 miliar. Lebih baik dimanfaatkan untuk pembangunan lainnya,” katanya.

Politikus Partai Gerindra ini mengatakan, pada lantai tiga bangunan tersebut, menurut informasinya bakal dijadikan pusat informasi pariwisata, yang hal itu dinilai oleh Icang, tidak penting, pasalnya saat ini, untuk ke Bali saja, tidak perlu ke Kantor Disbudparnya. Untuk mengetahui daerah mana saja di Bali yang menjadi spot favorit untuk berwisata.

“Tidak berjalan itu. Saya yakin. Buang-buang anggaran saja,” tegasnya.

Ia mengatakan, jika dijadikan pusat informasi pariwisata, lebih tepat di akses jalur masuk seperti di Bandara Kalimarau, dirinya yakin akan menarik perhatian wisatawan yang datang ke Berau. Atau buat pamlfet yang dikasih kepada para penumpang pesawat yang baru turun di Bandara Kalimarau.

“Pamflet itu isi denah, jika menuju ke Kelay, Derawan ataupun Bidukbiduk, jelaskan spot wisatanya. Jadi ada buku saku bagi para pendatang ke Berau,” ucapnya.

Dijelaskan Icang, Berau terus berbicara mengenai pariwisata, namun hingga kini tidak ada progres berkelanjutan. Dengan dialihfungsikan menjadi hotel. Ia yakin, akan semakin banyak tamu yang berkunjung untuk menikmati keindaha Sungai Kelay, serta jajanan yang disediakan di seputaran Jalan Pulau Derawan.

“Inikan membantu UMKM juga. Jadi tidak ada salahnya, jika diambil alih itu bangunan,” tutupnya.(poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel