Follow kami di google berita

Dua Kampung Pedalaman di Segah Segera Nikmati Listrik 24 Jam

A-News.id, Segah – Dua kampung di pedalaman Kecamatan Segah yakni Siduung Indah dan Batu Rajang sudah mulai berprogress teraliri jaringan listrik. Diakui Camat Noor Alam di tahun 2022 saat ini proyek pengerjaan baru sebatas pemancangan tiang listrik dan tinggal penyambungan kabel PLN, Rabu (31/8/2022).

Kata dia, pengerjaan instalasi jaringan listrik tersebut ditargetkan selesai Desember 2022. Sehingga, setelah pekerjaan selesai maka masyarakat sekitar sudah dapat menikmati listrik 24 jam, semana diketahui dua kampung tersebut masih memanfaatkan genset sebagai pembangkit listrik alternatif.

“Untuk tahun ini itu hanya dua kampung yang ditetapkan PLN, jika listrik di kampung ini berjalan lancar tanpa halangan, bisa saja mungkin nanti ke depannya akan kita usulkan lagi Punan Malinau dan Long Ayan,” ucapnya saat ditemui di kantor camat.

Kata camat, Punan Malinau dan Long Ayan sejatinya juga ikut diusulkan pada tahun 2022 oleh PLN. Akan tetapi rencana tersebut tertunda dengan kemungkinan permasalahan yang dihadapi adalah keterbatasan anggaran dan sebab lainnya.

“Mungkin ada pembagian lainnya juga, jadi bukan hanya kampung pedalaman di Berau saja tapi bisa saja di daerah Kaltim lainnya,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Kampung Siduung Indah Noveliding membenarkan jika pembangunan instalasi jaringan listrik tengah berjalan. Ia selaku pemerintah kampung turut senang bahwa kampung yang ia pimpin tersebut sudah mulai teraliri listrik.

Ia berharap, dengan masuknya PLN di kampung yang berbatasan dengan Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur tersebut pada tahun 2022 ini bisa terealisasi dengan baik, karena memang layanan listrik 24 jam adalah hal yang paling dinanti-nanti oleh warga setempat.

“Karena ini memang juga harapan warga, yang sesuau juga dengan janji dari PLN bahwa akhir tahun listrik 24 jam itu sudah bisa dinikmati,” katanya.

“Warga sangat senang bahkan saat ini juga antusias ikut membantu pengerjaan agar cepat selesai, seperti membersihkan lahan yang ada di kampung itu semua sudah dibersihkan termasuk tanam tumbuh mereka,” pungkasnya.

Sebagaimana diungkapkan Bupati Berau Sri Juniarsih pada saat sambutan peresmian jaringan interkoneksi Berau-Bulungan di Gardu Induk Tanjung Redeb, Gunung Panjang beberapa waktu lalu. Kalau pemkab akan terus berkomitmen bekerjasama dengan PT. PLN, akan mewujudkan pembangunan instalasi jaringan listrik di setiap kampung yang masih belum memiliki jaringan listrik yang memadai.

“Kami selalu bersama dengan PLN untuk terus berupaya selangkah demi selangkah memberikan aksi nyata untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat di berbagai penjuru kota Sanggam,” katanya.

Tentu saja itu sebagaimana sejalan dengan misi dari pemerintah daerah Berau dalam meningkatkan sarana dan prasarana publik yang berkualitas, adil dan berwawasan lingkungan.

“Yang dimana misi ini akan ditunjang dengan program kerja prioritas yaitu berupa program peningkatan fasilitas listrik di seluruh kampung,” sambung Bupati saat sambutan beberapa waktu lalu. (mik/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel