Distribusi Kartu Tani di Berau Baru 26,68%, Distanak Ajukan Metode Lain ke BRI

A-news.id, Tanjung Redeb — Penyaluran kartu tani di Kabupaten Berau terbilang masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan sistem yang digunakan oleh Bank BRI mewajibkan kartu tani yang diserahkan harus diambil oleh pemilik kartu yang bersangkutan, dalam hal ini yaitu para petani yang namanya telah tercatat sebagai penerima pupuk bersubsidi. Hal ini dilakukan agar kartu tani¬† tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Berau, Junaidi. Dari data yang dimilikinya, ada sekitar 3.430 orang yang tergabung di kelompok tani dan berhak mendapatkan kartu tani. Akan tetapi baru 915 atau sekitar 26,68% kartu tani baru tersalurkan.

“Hal ini dikarenakan saat pemabagian di kecamatan-kecamatan anyak petani yang sudah diundang tapi sedikit yang hadir,” ujarnya Junaidi saat dikonfirmasi, Sabtu (17/12/2022).

Pihaknya juga telah mengusulkan kepada pihak yang berwenang dalam hal ini Bank BRI untuk membagikan kartu tani dengan metode yang dimiliki Distanak. Dikatakan Junaidi tahun 2023 mendatang para petani diwajibkan untuk memiliki kartu tani untuk melakukan penebusan pupuk bersubsidi berbasis.

“Kita sudah usulkan hari itu (15/12), metode yang akan kita gunakan seperti PPU, jadi apabila ada lokasi yang susah dijangkau kita berikan ke penyuluh mereka masing-masing. Hal ini dilakukan agar terarah dan tepat sasaran,” ungkapnya.

“Nanti pada tahun 2023 para petani jika ingin beli pupuk bersubsidi wajib gunakan kartu tani karena sistemnya menggunakan mesin EDC Brilink KPL. Sementara itu petani kita sebagian belum menerima kartu tersebut,” lanjutnya.

Junaidi menambahkan, ada beberapa usaha tani subsektor tanaman pangan yang mendapatkan subsidi yaitu, padi, jagung dan kedelai. Sedangkan untuk subsektor hortikultura yaitu, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

“Kalau untuk perkebunan yaitu, tebu rakyat, kakao dan kopi, dan petani yang dimaksud yang sudah tergabung dalam kelompok tani dan terdaftar di aplikasi Simluhtan,” tandasnya. (yf)

Bagikan