Disnakertrans Berau Adakan Pelatihan Teknik AC

ANEWS, Berau – Masalah ketenagakerjaan merupakan persoalan yang menjadi PR bagi pemerintah dan kalangan dunia usaha untuk mengatasinya dalam rangka mengurangi angka pengangguran di suatu daerah dengan menyediakan lapangan kerja. Dan untuk itu para pencari kerja harus bersaing untuk mendapatkan kesempatan kerja yang sangat kompetitif itu, dimana diperlukan kemampuan pengetahuan maupun skill atau keterampilan tertentu.

Untuk menjawab tuntutan itu, sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Berau, Disnakertrans, mengadakan pelatihan Teknik AC kepada warga masyarakat Kabupaten Berau yang dimulai Senin, (7/6) dan akan berlangsung selama kurang lebih 2 minggu, Junaidi, Kadisnakertrans Berau menyampaikan Rabu, 9/6/2021.

Junaidi, Rabu, 9/6/2021 mengatakan pelatihan AC ini meliputi teori dan praktek yang dilatih oleh instruktur dari BLK Balikpapan.

“Disana yang kompeten, kecuali pelatihan computer dan kursus menjahit bisa dari Berau. Sementara AC, otomotif dan mekanik kendaraan, pelatihnya dari BLK Balikpapan,”imbuhnya.

Dan, tambah Junaidi, pelatihan ini merupakan program pelatihan yang sudah diagendakan oleh Disnakertrans termasuk pelatihan-pelatihan lain seperti otomotif, jahit-menjahit, tata boga dan mekanik kendaraan, tujuannya salah satunya untuk meningkatkan daya saing masyarakat warga masyarakat Berau, baik untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan maupun untuk bekal berusaha secara mandiri.

Dia menambahkan bahwa peminat yang mendaftar pelatihan tehnik AC ini sebanyak 50 orang dari berbagai kecamatan, dan yang terpilih untuk mengikuti pelatihan sebanyak 12 orang selama kurang lebih 2 minggu.

Sementara Syarifuddin Fanatta, Kabid Pelatihan Disnakertrans Berau, mengatakan pelatihan ini pendaftarannya secara online. Ada 50 pendaftar dan setelah diseleksi hanya 12 orang yang memenuhi syarat dengan nilai terbaik, yang mengikuti pelatihan yang diadakan di kantor Disnakertrans Kabupaten Berau.

Materi pelatihan, tambah Syarifuddin, meliputi teori pengenalan dasar, pengenalan alat, dan cara memasang serta praktek lapangan sehingga diharapkan setelah pelatihan mereka akan menjadi profesional. Instruktur pelatihan Teknik AC ini dari BLK yang memiliki sertifikat, yaitu BLK Balikpapan.

Pelatihan ini diberikan secara gratis ke masyarakat yang mengikutinya. Dia berharap sesuai dengan Perda No. 8 Tahun 2018, untuk mengurangi pengangguran di Berau, Syarifuddin mengatakan lebih cenderung berharap mereka nanti bisa bekerja secara mandiri setelah pelatihan ini yang bisa memanfatkan dana bantuan UMKM misalnya. (mik)

Bagikan