Follow kami di google berita

DIREKTUR RSI AKAN OPERASIONAL POLIKLINIK DAN UGD SEBULAN LAGI

ANews, Samarinda – Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) dr. Didik Santoso optimis pelayanan kesehatan poliklinik dan UGD RSI akan beroperasi kurang dari satu bulan ke depan.

Hal itu disampaikannya pada Asisten I Pemprov Kaltim HM Jauhar Effendi dan awal media.

“Di media sosial dikabarkan 2 bulan RSI dibuka, tapi kami yakin dan optimis RSI akan lebih cepat dibuka, kurang dari satu bulan lagi sudah bisa beroperasi,” yakinnya.

Tahap awal, pelayanan kesehatan akan dibuka untuk layanan poliklinik dan Unit Gawat Darurat (UGD), sembari menunggu izin operasional terbit dan pencairan dana CSR sebesar Rp 1,9 milyar, untuk perbaikan fasilitas penunjang dan perbaikan bangunan ruang perawatan. Saat beroperasi nanti, RSI masuk kategori RS type D.

“Sementara pengajuan kami kemarin RSI masuk type D dulu, tapi kami yakin dari sejarahnya, RSI akan cepat kembali naik tingkat. Itu tidak masalah, sambil kami jalan di tahap awal ini membuka pelayanan poliklinik dan UGD dulu. Setelah izin operasional terbit, ada dana CSR turun sekitar Rp 1,9 miliar. Itu nanti yang Rp 1,5 miliar digunakan untuk perbaikan listrik, memang itu yang paling mahal. Rp 400 juta untuk perbaikan sarana dan prasarana,” ia merincikan.

“Untuk persiapan awal visitasi, kami sudah anggarkan perbaikan kurang lebih Rp 60 juta, nanti setelah Operasi perlu anggaran lagi. Nah Rp 60 juta itu dana dari yayasan untuk perbaikan teras dan plafon,” lanjut dr Didik Santoso.

Terkait dengan izin pengurus operasional RSI, Didik Santoso mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan PTSP.

“Kita sudah koordinasi dengan dinas terkait, mereka yang punya puluhan item syarat dan sudah kita penuhi. Itu juga sudah kita masukkan ke sistem online berkasnya dan sekarang sudah berproses, menunggu visitasi. Visitasi ini sesuai jadwal PTSP 14 hari, setelah berkas terpenuhi. Tapi karena COVID-19, jadi kita tetap koordinasi dengan PTSP. 14 hari kita masukkan berkas, 14 hari kemudian visitasi, setelah itu 14 hari kemudian surat izin operasional terbit. Normalnya 1 bulan prosesnya,” bebernya.

Ia berharap dan meminta dukungan masyarakat untuk segera dibukanya operasional RSI.

“Optimis, insyaallah mohon doa agar izin operasional terbit, kami akan kebut supaya bisa buka operasional sebenarnya,” pungkasnya. (Ris)

Bagikan

Subscribe to Our Channel