Follow kami di google berita

13 KELOMPOK MASYARAKAT SEGERA DIVAKSIN DI TAHAP 2

ANews, Tanjung Redeb – Dengan menggunakan sistem daring di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika, Bupati Berau Agus Tantomo bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi menggelar rapat membahas akselerasi atau percepatan, capaian vaksinasi yang diikuti oleh 34 provinsi se Indonesia yang dipimpin langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harburwono, Senin (15/02/2021).

Pembahasan tersebut bertujuan untuk memantau sekaligus mencari tahu persentase jumlah orang yang divaksin di setiap Kabupaten/kota yang dilaksanakan secara rutin dari Kemenkes.

“Untuk di kabupaten Berau hingga hari ini jumlah yang sudah divaksin itu 1.751 orang, itu kurang lebih 83 persen dari target dan diminta segera menyelesaikan tahap 1, karena Insya Allah untuk tahap 2 segera dimulai,” ungkapnya.

Untuk di tahap 2 nantinya disebut Agus, akan ada 13 kelompok masyarakat yang masuk ke dalam sasaran vaksinasi. Terdiri dari, lansia, pendidik, pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, keamanan, pelayan publik lainnya, transportasi publik, atlet, wartawan dan pekerja media serta pariwisata.

“Itu semua yang melakukan interaksi yang cukup tinggi dengan orang banyak termasuk lansia, khusus lansia sekarang sudah boleh, sudah lolos uji klinisnya untuk divaksin,” ucapnya.

“Untuk 18 tahun kebawah uji klinisnya belum lolos kalau yang 60 keatas sudah boleh. Hanya mungkin bedanya jarak antara vaksin pertama dan kedua itu 28 hari. Kalau yang di tahap satu kemaren 14 hari,” sambungnya.

Untuk jadwal pelaksanaanya, Agus Tantomo belum tahu secara pasti namun ia memastikan dalam waktu dekat vaksinasi itu segera dilakukan. Ia menjelaskan, penyuntikkan baru bisa digelar kalau stok vaksin sudah tiba di Kabupaten Berau.

“Kalau vaksinnya sudah tiba, ya kita sambil melaksanakan tahap 1 dan memulai tahap 2, masalahnya kan sekarang vaksinnya belum tiba, jadwalnya kapan juga kita belum tahu, ini lagi dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan,” pungkasnya.(Mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel