Follow kami di google berita

Desa Swan Lutung Terima Penghargaan Kalpataru KemenLHK

Anews.id, Samarinda – Masyarakat Hukum Adat Mului, Desa Swan Lutung, kecamatan Komam, kabupaten Paser berhasil mendapatkan penghargaan Kalpataru tahun 2022 melalui kategori Penyelamat lingkungan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Provinsi Kalimantan Timur, M Syirajuddin saat ditemui diruangannya.

“Acara penganugerahan Kalpataru tahun 2022 ini direncanakan di awal Juni nanti. Dan Pak Jidan selaku kepala suku Mului akan menerima langsung penghargaan itu di Jakarta tanggal 8 Juni 2022 mendatang,” ungkap Syirajuddin. Senin (6/6/2022).

Tak hanya itu, Syirajuddin menambahkan penetapan 10 penerima penghargaan Kalpataru sesuai surat keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor: SK.533/MENLHK/PSKL/PSL/.3/5/2022 tentang penerima penghargaan Kalpataru 2022.

“Sepuluh oenghargaan Kalpataru diberikan dengan rincian tiga orang untuk kategori Perintis Lingkungan, dua orang untuk pengabdi lingkungan, dan tiga kelompok, serta dua kelompok untuk kategori Pembina lingkungan,” tambahnya.

Syirajuddin menjelaskan bahwa MHA pertama di Kaltim ini menerima penghargaan karena dinilai berkomitmen menyelamatkan lingkungan dengan menjaga kelestarian Hutan Adat di Gunung Lumut yang masuk dalam wilayah kesatuan MHA Mului. Gunung Lumut sendiri membawahi tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) di Provinsi Kaltim.

“MHA Mului ini merupakan MHA pertama di Kaltim yang mendapatkan anugerah penghargaan ini. Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan semua pihak, terkhusus bagi warga Mului dan umumnya masyarakat Kaltim, ” sebutnya.

Oleh sebab itu,  mengharapkan desa-desa yang ada di Kaltim dapat mencontoh upaya yang telah dilakukan warga Mului yang hingga saat ini dalam menjaga dan melestarikan adat dan lingkungannya. (Yud/ADV/Kominfo)

Bagikan

Subscribe to Our Channel