Dermaga Wisata Sanggam Sepi, Pengunjung Derawan dan Maratua Wajib Memiliki Sertifikat Vaksin

Sumber Foto instagram Berau Asik

ANews, Berau – Penumpang yang akan pergi ke destinasi Pulau Derawan dan ke Pulau Maratua dari Dermaga Wisata Sanggam Tanjung Redeb di PPKM Darurat terlihat sepi, seperti yang terlihat Rabu (14/7).

Kepala Dermaga Wisata Sanggam, Syamsuddin, Rabu, 14/1/2021 mengatakan memang terjadi penurunan penumpang yang berangkat ke pulau maratua dan Derawan sejak diberlakukannya PPKM Darurat untuk Wilayah Berau (12/7).

Paling yang turun ke Tanjung, lanjut Buluy, sapaan akrab Syamsuddin, warga Pulau Derawan yang akan membeli keperluan sehari-harinya di Tanjung Redeb.

“Sejak tanggal 12 itu terasa sekali penurunan jumlah penumpang, bahkan satu speed itu cuma memuat 4 penumpang, 6 penumpang, beberapa hari, gak tahu mungkin apalagi suasana ini sampai tanggal 20 Juli di PPKM Darurat. Kita lihat apa nanti kelanjutannya,” ujarnya.

Pihaknya belum mengetahui persis penyebab berkurangnya penumpang ini, apakah disebabkan adanya pembatasan di PPKM Darurat atau ada hal lain.

Sementara dari hasil Rapat Koordinasi terkait PPKM Darurat di Kantor Kecamatan Pulau Derawan, salah satu poin kesepakatannya menyebutkan bahwa Daerah tujuan wisata khusus Kampung Pulau Derawan, mengingat wilayah terbuka umum maka bagi pengunjung pada 13 Juli hingga 20 Juli 2021 diberlakukan pengetatan dengan pengecekan/pemeriksaan syarat lengkap bukti kesehatan diri dari virus Covid-19 dengan menunjukkan identitas diri, kartu vaksin, dan hasil test PCR/Antigen.

Kepala dermaga mengatakan speed boat yang berangkat 1 sehari dan penumpangnya pun ada hanya 4 penumpang dan 6 orang saja.

“Kasihan kalau mereka harus membawa penumpang sedikit, tetapi karena gilirannya, mereka harus tetap jalan,” imbuhnya. (gil)

Bagikan