Follow kami di google berita

Bupati Serahkan Dokumen Adminduk Korban Kebakaran Rumah

A-news.id, Tanjung Redeb — Musibah kebakaran rumah penduduk di Jalan Mangga III Kecamatan Tanjung Redeb menyebabkan 2 bangunan dengan tanah. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (28/9) kemarin.

Hal ini menyebabkan beberapa dokumen penting milik korban kebakaran lenyap terbakar api. Namun Pemkab Berau melalui Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) telah memulihkan berkas kependudukan milik korban dengan cepat.

Terpantau, Bupati Berau bersama rombongan  didampingi Lurah Karang Ambon Arif Mulyono mengunjungi korban kebakaran pada Jumat (29/9). Arif mengatakan, akibat peristiwa ini ada 2 kartu keluarga (KK) yang menjadi korban.

Dikatakan Arif, ada 2 KK yang terdampak dari 3 bangunan yang terbakar. Yakni dua bangunan rumah makan dan satu rumah warga.

“Dua bangunan rumah makan dan 1 rumah warga,” ujarnya.

Sementara itu, 1 dari 3 unit bangunan tersebut telah berproses perbaikan. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah telah memberikan bantuan berupa sembako dan dengan cepat memulihkan dokumen kependudukan warga.

“Ada satu rumah mulai diperbaiki,” imbuhnya.

Pihak kelurahan juga telah menggalang dana bersama lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) serta komunitas forum RT dan warga setempat untuk keperluar tempat tidur.

“Hingga kini korban terdampak kebakaran ada yang tinggal di rumah sanak saudara selama proses pemulihan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih mengatakan Pemkab Berau saat ini memiliki program yang cepat tanggap khususnya masyarakat yang terkena musibah. Tak hanya sembako, Pemkab Berau melalui Disdukcapil juga memiliki program pemulihan adminduk warga dengan cepat.

“Misal ada kebakaran atau musibah lainnya yang menyebabkan berkas adminduk mereka hilang, maka Disdukcapil siap memulihkan kembali, seperti E-KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran,” ucapnya.

Sedangkan untuk bantuan berupa sembako akan diserahkan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Berau untuk kepada korban yang terkena musibah.

“Khususnya yang terkena musibah,” pungkas Sri. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel