Follow kami di google berita

Wali Kota Samarinda Siap Bangun Sistem Irigasi Terhadap Petani

A-news.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun hadiri kegiatan panen raya petani di Kelurahan Makroman Kecamatan Sambutan bersama Wali Kota Samarinda Andi Harun Rabu siang (2/3/2022).

Dalam kegiatan itu, Andi Harun didampingi pihak Pemprov Kaltim lakukan simbolis terhadap panen di persawahan milih kelompok tani Karang Anyar dan Tunas muda.

Meski terik panas menyinari, Andi Harun yang kerap disapa AH ini tetap berpartisipasi memotong seikat padi yang ditanam para petani setempat.

Orang nomor satu di Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda itu mengatakan bahwa dirinya berjanji akan kembali membangun sistem irigasi pertanian.

“Mudah-mudahan sistem irigasi pertanian di sini tahun ini selesai. Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil prokduksi padi kita meningkat setiap tahun,” ujar AH.

Lebih lanjut, AH menjelaskan bahwa rencana pembangunan irigasi untuk para petani dirinya optimis bisa melakukan panen tiga kali selama satu tahun.

“Ini nenjadi perhatian lantaran sistem pengairan persawahan di kawasan tersebut menggunakan sistem tradisional, atau tadah hujan yang hanya datang saat musim penghujan setahun sekali,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Rencana tersebut juga sejalan dengan kehendaknya secara perlahan supaya Samarinda tidak lagi tergantung dengan beras Sulawesi dan Jawa Timur.

“Nah itu yang harus digenjot lagi, karena saat ini, prosentasi beras asal Samarinda baru memenuhi sebesar 17 persen.

Sehingga ketahan pangan terutama beras, mampu mengerakkan ekonomi masyarakat terlebih petani. Bahkan bisa memberikan pertumbuhan ekonomi Samarinda yang kemudian bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, support AH bukan hanya muncul dari pembangunan irigasi melainkan dukungan percetakan sawah dan bibit unggul. Karena itu dapat menghasilkan beras secara maksimal.

“Saya anggap kegiatan pertanian adalah hal yang prioritas. Maka dukungan penuh terutama dari APBD saya atas nama wali kota Samarinda dukung penuh,” jelasnya.

Samarinda memiliki lahan pertanian 800 hektar lebih. Sementara di lokasi tersebut kurang lebih 70 hektar sawah menghasilkan. Untuk itu, upaya memberikan bibit unggul berkualitas, berdaya tahan tinggi terhadap penyakit serta pulen ketika dimasak adalah ciri khas, dari hasil pertanian petani Samarinda. (IL)

Bagikan

Subscribe to Our Channel