Follow kami di google berita

Lantik 1.295 PPPK, Bupati: Tahun Depan Gaji PPPK dan PTT Naik

A-News.id, Tanjung Redeb – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, melantik dan mengambil sumpah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan fungsional tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau. Pelantikan dilakukan di Graha Pemuda Tanjung Redeb, Selasa (31/10/2023).

Sri Juniarsih mengatakan, para PPPK yang dilantik baik dari tenaga guru dan tenaga teknis, merupakan formasi pada tahun 2022 yang lalu. Pelantikan ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Berau memperkuat pelayan publik.

“Ada 1.295 orang PPPK tenaga fungsional dilantik hari ini. Terdiri dari 704 orang PPPK tenaga fungsional guru, 519 PPPK fungsional kesehatan dan 72 PPPK fungsional teknis lainnya,” jelas Sri Juniarsih.

Dikatakannya, pelantikan ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah Kabupaten Berau memenuhi komitmen untuk mengurangi jumlah tenaga non ASN di lingkungan Pemkab Berau. Saat ini, kata dia, masih ada 4.834 tenaga non ASN yang harus ditata sesuai dengan amanat Pemerintah Pusat melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 tentang Status Kepegawaian di lingkungan instansi Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah.

“Salah satu poin dalam surat edaran tersebut menegaskan bahwa tidak boleh lagi ada perekrutan pegawai non ASN untuk mengisi jabatan ASN. Ini kami tengah mencoba menatanya secara bertahap,” jelasnya.

Proses pelantikan ini merupakan puncak dari tahapan penerimaan PPPK yang bertujuan untuk mengisi kekurangan atau kebutuhan formasi jabatan. Kekosongan dan kekurangan tersebut diharapkan dapat diisi oleh mereka yang memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan, tuntutan jabatan dan peranannya sebagai penyelenggara pemerintahan yang berperan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk mencapai tujuan tersebut maka, Pemkab Berau menyelenggarakan proses seleksi yang terbuka, transparan dan kompetitif,” ujarnya.

Dill lain sisi, bupati mengingatkan para PPPK agar menjaga sikap dan perilaku yang mencerminkan abdi negara. Mereka juga dituntut harus memiliki loyalitas tinggi kepada pimpinan.

“Ini perlu saya ingatkan agar ke depan para PPPK betul-betul menyadari tugas dan fungsi serta melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada para PPPK yang telah dilantik. Sebagai pelayan masyarakat, PPPK dituntut memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Bumi Batiwakkal. Apalagi kata bupati, tahun depan gaji PPPK dan PTT (Pegawai Tidak Tetap) mengalami kenaikan.

“Ada kabar baik, tahun 2024 gaji PPPK naik. Semoga peningkatan ini semakin meningkatkan semangat dan motivasi untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasinya dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat Kabupaten Berau. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel