Follow kami di google berita

Bupati Berau Kembali Raih Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha

A-News.id, Jakarta – Kepemimpinan Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas bersama Wakil Bupati, Gamalis, kembali sukses mengantarkan Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur, menjadi juara pertama Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III Tahun 2023.

Penghargaan Anugerah Upakarya Wanua Nugraha untuk kali kedua diterima Bupati Berau dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian. Penghargaan diberikan pada rangkaian pembukaan temu karya nasional di Discovery Convention Center Ancol Jakarta, Selasa (15/8/2023) malam tadi.

Anugerah Upakarya Wanua Nugraha diberikan kepada tujuh gubernur, diantaranya Gubernur Riau, Bali, Kalimantan Timur, Lampung, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Selain itu diberikan lima walikota, yakni Walikota Metro, Jakarta Utara, Denpasar, Balikpapan dan Bima. Serta kepada tiga bupati, diantaranya Bupati Berau, bupati Kampar dan bupati Alor.

Penghargaan ini diberikan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, kepada kepala daerah sebagai pembina desa, atas prestasi dan komitmen dalam memajukan desa dan kelurahan di wilayahnya. Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha ini juga diberikan kepada Wali Kota Balikpapan yang kelurahannya juga meraih juara pertama lomba kelurahan tingkat Nasional. Dan juga diberikan kepada Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Mendagri, Tito Karnavian, mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang telah meraih juara lomba desa tahun 2023. Serta kepada gubernur, walikota dan bupati yang telah menerima penghargaan sebagai pembina desa terbaik di Indonesia.

“Terima kasih banyak kepada teman-teman gubernur, bupati dan walikota. Tidak gampang juga karena gubernur terpilih dari 38, walikota dari 98 dan teman teman bupati sebagai pembina desa dari 416 bupati se-Indonesia,” ungkapnya.

Mendagri memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang memang patut untuk mendapat penghargaan dan berharap kegiatan ini dapat semakin memotivasi supaya desa dan kelurahan semakin berkembang. Sentra ekonomi baru terus tumbuh di desa dan kelurahan.

“Semoga teman-teman kepala daerah lain terpancing untuk ikut membantu, tentu dengan APBD untuk memperkuat dana desa,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas kembali diraihnya penghargaan Upakarya Wanua Nugraha untuk Kabupaten Berau. Penghargaan ini menjadi kebanggaan tidak hanya pemerintah tetapi seluruh masyarakat Bumi Batiwakkal.

Secara khusus, bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kepala Kampung Labanan Makarti yang telah membawa nama harum Kabupaten Berau dengan meraih juara satu Nasional lomba desa tahun 2023.

“Alhamdulillah tahun ini kita kembali menerima Upakarya Wanua Nugraha, yang diwakili Labanan Makarti sebagai juara satu lomba desa tingkat Nasional,” ucapnya.

Sri Juniarsih berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan menjadi motivasi bagi kampung lain di Kabupaten Berau. Kampung juga diharapkan terus berinovasi membangun kampung, mengoptimalkan badan usaha milik kampung, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kampung.

“Penghargaan ini menjadi motivasi kita semua, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (RN/Prokopim/ADV)

Bagikan

Subscribe to Our Channel