Follow kami di google berita

Buaya Terlihat di Kawasan Labuan Cermin, Pemkab Diminta Carikan Solusi

A-News.id, Tanjung Redeb,- Keberadaan buaya muara kembali terlihat dikawasan Labuan Cermin, Kecamatan Bidukbiduk belum lama ini.

Keberadaan buaya itu pun diabadikan oleh pengunjung yang tidak diketahui identitasnya. Video yang berdurasi 39 detik tersebut pun viral.

Menyikapi hal itu, Camat Bidukbiduk, Abdul Malik mengatakan, memang ditemukan ada 4 ekor buaya muara. Hal itu pun telah diketahui oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Kaltim.

Dikatakannya, harus ada penanganan khusus dari BKSDA. Namun, hingga saat ini tidak ada tindak lanjut dari BKSDA.

“Dulu sudah pernah diwacanakan untuk di tangkap, tapi belum berhasil. Namun, hingga sekarang belum ada informasi lanjutan soal wacana itu,” ujarnya.

Lanjutnya, akan berkoordinasi dengan muspika untuk membahas soal ini. Dikatakannya, ini melibatkan banyak instansi. Sehingga, harus ada perhatian juga dari Dinas Kebubayaan dan Pariwisata.

Dirinya berharap agar BKSDA bisa segera memberikan arahan atau bisa menangkap buaya yang ada di Bidukbiduk. Mengingat, dalam waktu dekat akan dilaksanakan porprov.

“Semoga bisa ada penindakan,” tuturnya.

Sementara itu, Pengelola Labuan Cermin, Herman menyebutkan, bahwa lokasi keberadaan buaya tersebut di luar pagar Labuan Cermin.

“Itu diluar pagar,” ucapnya.

Pihaknya pun memiliki SOP sebelum membuka labuan cermin setiap harinya.

“30 menit sebelum dibuka, pasti kami cek keamanan lokasi,” tuturnya.

Lanjutnya, berharap ada penanganan dan perhatian serius dari Pemkab Berau.

“Kami berharap ada penangan dan perhatian dari pemkab,” tandasnya. (*poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel