Follow kami di google berita

BKSDA SKW 1 Berau Sita Tiga Beruang Madu dari Taman Kota Tarakan

A-News.id, Tanjung Redeb – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 1 Berau menyita 3 ekor beruang madu dari taman kota Tarakan, Kalimantan Utara pada 20 Oktober 2022 lalu.

3 ekor beruang yang disita tersebut, 2 berjenis kelamin betina dan 1 jantan. Satu ekor sudah dipindahkan ke Seksi Konservasi Wilayah 3 Balikpapan sedang dua lainnya masih transit di kantor BKSDA SKW 1 Berau Jalan Murjani 1, Tanjung Redeb. Sebelum nanti dipindahkan ke Pusat Rehabilitasi Beruang di Samboja.

Proses transit itu sengaja dilakukan lantaran kandang karantina yang ada di pusat rehabilitasi sedang dalam perbaikan.

Kepala BKSDA SKW 1 Berau menerangkan, terkait kronologis penyitaan ia bersama dengan pihaknya mendengar kabar jika di taman kota Tarakan ada tiga ekor beruang madu yang dirawat dengan sangat baik oleh pemkot Tarakan lengkap dengan dokter hewan dan penjaganya serta pemberian makanannya pun sangat teratur.

Hanya saja, lantaran beruang madu masuk ke dalam salah satu satwa yang dilindungi proses izinnya pun harus terpenuhi. Oleh karena kurang lengkapnya dokumen tersebut, pihak pemkot Tarakan akhirnya menyerahkan satwa tersebut ke BKSDA SKW 1 Berau.

“Akhirnya pada 20 Oktober lalu kami bersama dengan tim turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dari kandang taman kota Tarakan ke Berau,” katanya saat dijumpai, Selasa (25/10/2022).

Dheny menceritakan, saat proses evakuasi tim sama sekali tidak menemukan kendala, karena beruang sudah cukup jinak. Karena sudah ada kedekatan dengan penjaga serta perawatnya maka beruang dengan sangat mudah dipindahan dari kandang taman kota ke kandang BKSDA.

“Jadi saat proses pemasukkan ke kandang transport sangat mudah, umpan pakan dimasukkan ke dalam kandang transport sehingga pada saat beruang tersebut masuk langsung kita tutup tanpa kita lakukan pembiusan,” jelasnya.

“Untuk dua ekor yang masih berada di kantor BKSDA Berau rencananya akan kita pindahkan awal bulan November 2022, setelah kandang karantina di Samboja sudah siap maka akan kita bawa kesana lewat darat,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel