Follow kami di google berita

Berikan Pelatihan Legalitas Produk, PT Berau Coal Bangkitkan Sektor UMKM

A-News.id, Tanjung Redeb – Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca pandemi terus digalakkan. Salah satunya diinisiasi oleh PT Berau Coal.

Dimana, PT Berau Coal belum lama ini, menggelar pelatihan legalitas produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang diselenggarakan di Kelurahan Rinding, Kecamatan Teluk Bayur, Jumat (12/05).

Kegiatan pelatihan legalitas produk UMKM PIRT ini menjadi bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal dalam mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Manager Community Development PT Berau Coal, Hikmawaty mengatakan, melihat banyaknya potensi produk yang menarik dan bagus karya masyarakat Kelurahan Rinding, PT Berau Coal kemudian memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM tersebut untuk menambah nilai pada produknya dengan legalitas dari produk, sehingga memberikan rasa aman dan percaya kepada konsumen.

“Kegiatan ini bertujuan agar produk olahan masyarakat bisa bebas dipasarkan,” ujarnya.

Lanjutannya, ia menyebut ini merupakan langkah pertama dari PT Berau Coal ke ranah PIRT, apabila nantinya dibutuhkan kembali izin halalnya atau nanti ada produk yang memerlukan BPOM, PT Berau Coal juga siap berikan pendampingan terkait hal tersebut.

“Apabila kedepannya memerlukan sertifikat halal dan BPOM kami juga akan berikan pendampingan lebih lanjut,” bebernya.

Diakuinya, tidak hanya di Kelurahan Rinding saja, tapi di beberapa kelurahan dan kampung lainnya, PT Berau Coal telah memberikan dukungan terkait PIRT yang saat ini dilakukan.

“Ini yang kesekian kalinya. Tergantung asesmen kita dilapangkan, di tahap mana UMKM nya perlu mendapatkan perhatian, apakah pada tahap perizinannya atau bisa saja perizinannya sudah ada tapi packagingnya kurang menarik. Maka kita dukung sesuai pada tahap mana yang dibutuhkan,” jelasnya.

Hikmawaty berharap, pelatihan ini bisa optimal bagi pelaku UMKM sehingga produknya sudah memiliki legalitas dan tentunya dengan pendampingan dari PT Berau Coal. “Hari ini 36 produk UMKM yang mendapatkan pelatihan,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Camat Teluk Bayur, Toto Marjit menuturkan, bahwa kehadiran PT Berau Coal dengan programnya saat ini tentu sangat membantu masyarakat pelaku UMKM.

Karena menurutnya ini bentuk tanggung jawab perusahaan yang selalu mendukung kegiatan masyarakat di Kecamatan Teluk Bayur, khususnya kali ini masyarakat Kelurahan Rinding.

“Terima kasih, PT Berau Coal selama ini telah berpartisipasi aktif dalam pengembangan kemajuan usaha melalui peningkatan kapasitas dan kualitas, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Mantan Lurah Gunung Panjang ini juga menjelaskan, pelatihan legalitas PIRT ini perlu dilakukan karena berkenaan dengan legalitas produk dan sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan nilai produk mereka.

“Kami berharap agar pengetahuan yang diberikan mampu mengembangkan produk masyarakat kedepannya,” tegasnya.

“Terima kasih PT Berau Coal, atas upaya-upaya yang dilakukan terhadap kemajuan peningkatan kapasitas UMKM dari masyarakat Kelurahan Rinding ini,” tutupnya.

Selain itu, Norlena, salah satu peserta pelatihan masyarakat Kelurahan Rinding menyampaikan bahwa dirinya sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan pada hari ini. Karena ia sangat menginginkan PIRT untuk produk makanan ringannya.

“Saya menjalankan beberapa produk, ada yang sudah memiliki PIRT. Namun PIRT di prodak makanan ringan yang lainnya belum ada. Makanya saya sangat antusias pada kegiatan yang dilaksanakan PT Berau Coal kali ini,” terangnya.

Dirinya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada PT Berau Coal yang telah menggelar program pelatihan legalitas PIRT bagi masyarakat Kelurahan Rinding ini.

“Menurut kami ini merupakan bantuan yang sangat besar manfaatnya, karena kami harus bayar jika produk kami ingin di PIRT. Alhamdulillah PIRT kali ini difasilitasi oleh PT Berau Coal. Terima kasih karena hal ini sangat berarti bagi kami yang kebanyakan masih pedagang kecil,” katanya.

Ia menambahkan, tentunya bantuan sepertia ini berdampak pada peningkatan kemandirian ekonomi keluarganya, ditambah lagi dengan pelatihan ini juga pihaknya memperoleh ilmu yang berguna terhadap produk-produk yang dihasilkan bagaimana dapat dikembangkan kedepannya.

“Semoga PT Berau Coal bisa memberikan perhatiannya kepada kami para pelaku UMKM secara berkelanjutan. Tentunya harapan kami supaya produk yang kami hasilkan bisa berkembang terus dan bisa meningkatkan ekonomi kami,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel