Follow kami di google berita

Berau Miliki 17 Desa Wisata

A-News.id, Tanjung Redeb — Desa wisata di Kabupaten Berau terus bertambah. Hingga saat ini terhitung 17 Desa Wisata yang telah ditetapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau.

Kadisbudpar Berau, Ilyas Natsir menjelaskan, desa wisata yang saat ini telah ditetapkan merupakan desa yang telah memenuhi syarat, salah satu syarat yang harus dimiliki yaitu desa yang memiliki destinasi wisata yang menarik dan dapat mengundang pengunjung dari luar. Hal ini juga didukung oleh Bupati dan Wakil Bupati karena program yang dibuat oleh pusat juga merupakan program mereka yang termasuk di dalam 18 program prioritas.

“Desa wisata ini merupakan salah satu program yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Bahkan sudah dua tahun berjalan, Kemenparekraf juga menggelar program Anugerah Desa Wisata, yang tujuan utamanya untuk mempromosikan objek-objek wisata yang ada di desa,” jelasnya.

“Maka dari itu kita bersama-sama terus memperjuangkan desa yang memiliki destinasi wisata harus dapat menjadi desa wisata,” ujarnya.

Ilyas mengatakan, animo masyarakat yang sadar akan wisata di desanya sekarang makin bersemangat. Sebelumnya, pemerintah telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa yang memiliki destinasi wisata agar dapat memanfaatkan destinasi tersebut sebagai wadah meningkatkan ekonomi warga setempat.

“Sebelumnya itu masyarakat belum sadar akan potensi ini, sekarang berlomba-lomba mengajukan desanya sebagai desa wisata,” tutur Ilyas.

Ditambahkannya, sebelum menetapkan desa sebagai desa wisata pihaknya akan melakukan pembinaan serta sosialisasi, dengan potensi yang ada di desa tersebut tentu akan menjadi perhatian pemerintah.

Dengan masuknya 17 kampung dan kelurahan tersebut, otomatis menjadi nominasi dalam anugrah desa wisata yang dicanangkan kementerian. Anggaran dari pusat pun akan lebih mudah didapatkan, untuk melakukan pengembangan pariwisata di kampung. 

Ilyas mengimbau masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kampung masing-masing, terus meningkatkan kreativitasnya mengembangkan dan mempromosikan pariwisata, walau dengan dukungan dana seadanya. 

“Kita punya alam yang indah. Dipoles sedikit saja sudah bisa. Tanpa harus menghabiskan anggaran yang besar. Makanya kita tuntut Pokdarwis terus kreatif,” tandasnya. (adv/nov).

15 Desa Wisata 

1. Kampung Tembundan, Batu Putih

2. Kampung Merasa, Kelay

3. Kampung Buyung-Buyung, Tabalar

4. Kampung Teluk Semanting, Pulau Derawan

5. Kampung Batik Ta Puri, Tanjung Redeb

6. Kampung Biduk-Biduk, Biduk-Biduk

7. Kampung Lesan Dayak, Kelay

8. Kampung Merabu, Kelay

9. Kampung Pulau Besing, Gunung Tabur

10. Kampung Pulau Derawan, Derawan

11.Kampung Dumaring, Tlisayan

12. Kampung Teluk Harapan, Maratua

13. Kampung Payung-Payung, Maratua

14. Kampung Boheslian,  Maratua

15. Kampung Tanjung Batu, Pulau Derawan

16. Kampung Teluk Sumbang, Biduk-Biduk

17. Kampung Teluk Alulu, Maratua

Bagikan

Subscribe to Our Channel