Berau Akan Kirim Atlet dari 20 Cabor ke Popda Kaltim ke-XVI 2021 di Paser

A-News.id, Berau – Dengan tetap dilaksanakannya ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalimantan Timur ke-XVI Tahun 2021, yang semula direncanakan dilaksanakan di Kabupaten Berau, tetapi kemudian dipindahkan ke Kabupaten Paser, sebagai peserta Kabupaten Berau akan mengirimkan kontigennya untuk mengikuti ajang pertandingan olahraga tingkat pelajar SMP dan SMA itu, yang rencananya akan dilaksanakan pada November 2021.

Kepala Dispora Kabupaten Berau, Amiruddin, Rabu, 22/9/2021, mengatakan bahwa Popda Kaltim XVI ini tetap jadi dilaksanakan, dan Berau sebagai peserta akan mengirimkan atlet-atletnya, namun saja terbatas mungkin jumlah atlet maupun cabornya karena harus menyesuaikan anggaran yang ada.

“Sekarang kita akan mengharapkan di APBD, jadi ini kami lagi penyusunan anggarannya, mungkin dengan situasi begini, artinya terbatas, sementara kita harus berpartisipasi,” ujar Amiruddin.

Menurut Amiruddin, ada beberapa hal yang masih menjadi permasalahan, seperti terbatasnya anggaran yang dialokasikan pemerintah Kabupaten Berau sekitar Rp 700 jutaan dari APBD, sehingga mungkin akan mengakibatkan terbatasnya jumlah atlet-atlet yang akan dikirim, juga cabor. Jadi yang harus benar-benar dipilih, yang memang memiliki potensi, dan jumlah cabor yang diikuti juga menyesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada.

Terkait itu, lanjut Amiruddin menjelaskan bahwa, kegiatan Popda itu di Kabupaten Paser, jadi memang perlu transportasi tambahan untuk sampai di Kabupaten Paser dari Balikpapan, seandainya kontingen berangkat dari Berau dengan pesawat udara ke Balikpapan.

Selain itu, permasalahan anak-anak pelajar ini apakah yang dipilih nanti juga mendapatkan persetujuan dari orangtuanya masing-masing, karena kegiatan ini dilaksanakan masih di masa pandemi covid-19.

Jumlah kontingen Berau, terang Amiruddin, diperkirakan sekitar 100-an termasuk atlet, pelatih dan official.

Sementara terkait support dari pihak-pihak ketiga, Kadispora Berau mengatakan memang ada komunikasi dengan para Pembina-pembina cabor yang akan mengikuti Popda XVI Kaltim ini, Amiruddin berharap ada dukungan dari para Pembina Cabor jika memang mereka ingin agar atlet cabornya bisa maksimal diberangkatkan mengikuti Popda Kaltim di Kabupaten Paser.
“Untuk pembina-pembina olahraga, kalau atlet cabor yang dibinanya ingin dikirim lebih banyak, silahkan disupport,” kata Amiruddin.

Dengan kondisi dan keterbatasan, Amiruddin mengatakan bahwa Berau tidak mentargetkan yang muluk-muluk pada Popda Kaltim kali ini, yang penting mereka bertanding all out dengan semangat juang yang tinggi sebagai wakil Kabupaten Berau.

Amiruddin berharap kepada semua atlet yang mengikuti Popda Kaltim ke-XVI ini supaya bertanding dengan all out.

Sementara itu Abdul Haris, Kasi Pembinaan Prestasi Dispora Berau, Rabu, 22/9/2021, mengatakan memang hari ini ada penambahan cabor, tadinya hanya 17 cabor yang akan diikuti Berau, tetapi belakangan ada usulan beberapa cabor untuk diikutkan, sehingga semuanya menjadi 20 cabor.

Popda Kaltim ke-XVI Tahun 2021 ini memang mempertandingkan 21 cabang olahraga (cabor) termasuk 1 cabor ekshibisi, dan Berau akan mengirim atlet dari 20 cabor yang dipertandingkan.

Seperti diketahui cabor tersebut meliputi, karate, judo, volly, basket, tenis meja, tinju, atletik, tenis lapangan, sepakbola, panah, bulutangkis, taekwondo, gulat, renang, sepak takraw, pencak silat, dayung, kempo, angkat besi, dan senam serta satu cabor ekshibisi catur. (dit)

Bagikan