Follow kami di google berita

Bawaslu Berau Seleksi 905 Calon Pengawas TPS

A-News.id, Tanjung Redeb — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Berau jaring ratusan calon pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) untuk mengawasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Tercatat bahwa jumlah calon PTPS yang mendaftar mencapai angka yang mengesankan, yakni sebanyak 905 orang. Jumlah ini melebihi kebutuhan sekitar 807 pengawas TPS yang diperlukan untuk memastikan proses pemilu berjalan dengan baik dan transparan.

Ketua Bawaslu Berau, Ira Kencana mengatakan jumlah yang tercatat merupakan total pendaftar yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat. Jumlah ini membuktikan minat masyarakat Berau ingin berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 sangat tinggi.

“Untuk penetapan pengawas TPS yang lolos akan diumumkan pada 18-19 Januari 2024,” katanya.

Setelah diumumkan yang lolos, selanjutnya Bawaslu Berau akan ada tenggang waktu dari 19 – 21 Januari 2024 untuk pergantian calon terpilih jika ada klarifikasi.

“Kemudian untuk pelantikan pengawas TPS akan dilaksanakan pada 22 Januari 2024,” ujarnya.

Kemudian lanjut Ira, setelah pelantikan pengawas TPS, Bawaslu Berau akan melakukan perpanjangan rekruitmen khusus TPS yang belum terisi oleh pengawas.

“Itu di agendakan pada 24 Januari hingga 7 Februari 2024,” tandasnya.

Diketahui PTPS ini nantinya akan bertugas selama satu bulan menjelang pemilu 2024 yang jatuh pada 14 Februari mendatang. 23 hari sebelum hari Pemilihan dan 7 hari setelah hari pemilihan.  (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel