Follow kami di google berita

Bawa Politik Santun, Rusianto (Kiank) akan Tampil Pilkada 2024 Mendatang

A-News.id, Berau – Seorang tokoh politik kelahiran tahun 1967 asal Pulau Maratua yang menetap di Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Rusianto yang dua kali pernah duduk di kursi parlemen mengaku akan ikut tampil dalam pemilihan kepala daerah 2024 mendatang. Keoptimisan dirinya tersebut mencuat, setelah mampu menduduki posisi tiga teratas berdasarkan polling di website A-News.id beberapa minggu ini.

Politisi yang pernah bernaung di partai Gerindra itu menyatakan, dari hasil polling yang ia peroleh tersebut mampu menjadi modal untuk membuktikan jika dukungan dari masyarakat Kabupaten Berau sudah ia dapatkan.

“Angka poling itu bisa menjadi tabungan dan itu real tidak ada permainan angka atau sebagainya. Dari masyarakat sendiri untuk mempoling itu, dari hati masyarakat sendiri,” katanya saat diwawancarai tim A-News.id beberapa waktu lalu.

Bahkan saran dan masukan dari masyarakat juga silih berganti diterima oleh Rusianto. Satu diantaranya yakni, persoalan sapaan akrab warga Bumi Batiwakkal terhadap dirinya dengan nama Kiank. Sebab kata mantan DPRD dari dapil VI itu masih banyak masyarakat Berau yang kurang mengetahui dengan nama Kiank.

“Di Berau ini orang tau nya dengan nama Kiank, tiba-tiba Rusianto, orang tertentu saja yang tahu. Nah orang memberikan saran dan masukan, di ujung (spanduk, baliho) nya itu di tambah Kiank supaya orang lebih paham,” ujarnya.

Di sisi lain, alasan Rusianto berkeinginan maju untuk menjadi bakal calon kepala daerah adalah terkait misinya yang ingin mensejahterakan masyarakat. Karena ia menyadari saat masih mengemban amanah sebagai wakil rakyat banyak keterbatasan kebijakan yang sejatinya tidak bisa ia langkahi.

Apalagi menurutnya, suara masyarakat sebenarnya adalah hak yang paling tinggi dalam pemilihan umum. Karena kata Rusianto, tanpa suara dan pilihan dari masyarakat seorang kepala daerah maupun wakil rakyat tidak mampu menduduki jabatan yang sumbernya melalui pemilu.

“Sebagai anggota DPR itu sangat terbatas hak nya karena tujuan saya itu ingin membantu masyarakat lah kalau kita menjadi kepala daerah di Kabupaten Berau ini bisalah minimal kita ikut serta membatu masyarakat,” tambahnya.

“Kalau niat saya sih, saya itu lebih hormat dengan masyarakat karena dia mendukung kita bukan kita yang harus dihormati masyarakat, anggaplah kita ini pelayan masyarakat,” ujar Kiank sapaan akrabnya.

Tak hanya itu, sebagai politisi pula dirinya mengharapkan pada pilkada 2024, kontestan yang nantinya maju bisa bertarung dengan menjalankan politik santun. Sehingganya suhu perpolitikan tetap berjalan dengan sejuk tanpa harus memunculkan perdebatan hingga konflik antara masyarakat.

“Harapan saya kita semua calon nanti di 2024 itu harus punya politik santun. Apa lagi pemilu ini kan berdekatan aja dengan pilkada sehingga hawa-hawa pemilu masih terbawa. Ya itu kembali kesadaran politik, makanya kita berpolitik itu betul-betul sudah dewasa jangan kita ini politik hanya ikut-ikut menajak bendera aja,” pungkasnya. (*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel