Follow kami di google berita

Bakar Lahan Dekat Pemukiman Pancing Karhutla

A-News.id, Tarakan – Aktivitas pembakaran lahan dekat pemukiman, menyebabkan kebakaran hutan kembali terjadi di Bumi Paguntaka pada Sabtu, 24 Februari 2024 di Kelurahan Karang Anyar pukul 12.30 WITA dan dengan koordinat 3,4332N 117,6069E.

Kalaksa BPBD Tarakan, Yonsep, S.E., M.PA mengatakan bahwa pihaknya tengah mengirimkan informasi kebakaran tersebut kepada Wali Kota Tarakan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tarakan serta Kabid 2 BPBD Kota Tarakan melalui pesan di media sosial secara terbuka.

“Jadi ada salah satu masyarakat yang melakukan pembakaran lahan tapi dekat dengan pemukiman di Gang Anggrek RT 15 karang Anyar,” ungkap Yonsep.

Yonsep mengatakan bahwa dalam kasus karhutla ini pihaknya belum menemukan adanya korban jiwa. Namun kerusakan yang terjadi akibat kebakaran tersebut mencapai angka 600 meter kubik.

“Kami berupaya untuk melakukan pemadaman secara langsung, sehingga kondisi saat ini aman terkendali,” jelasnya.

Dalam penanganan karhutla tersebut, pihak BPBD juga melibatkan instansi terkait seperti Kodim 0907 Tarakan, PDAM Tarakan, Kelurahan Karang Anyar, Relawan Bencana Korlakar, masyarakat serta awak media.

“Kami menggunakan 1 unit armada R4 fire mobile hilux,” pungkasnya. (bro)

Bagikan

Subscribe to Our Channel