Follow kami di google berita

Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Pemkot Samarinda Salurkan 222.000 Liter Minyak Goreng Curah

Anews.id, Samarinda – Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Perdagangan (Disperindag), menyediakan minyak goreng curah sebanyak 222.000 liter yang akan di distribusikan ke beberapa kelurahan.

Minyak goreng curah itu akan dijual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) nya Rp 11.500 dengan maksimal pembelian 5 liter per orangnya.

Saat diwawancarai awak media, Kepala Disperindag kota Samarinda, Marnabas mengatakan pihaknya sudahmenyiapkan sarana untuk penyaluran minyak goreng curah ini ke masyarakat.

“Jadi setiap Kelurahan kami siapkan dua tandon, dan akan digilir satu hari di 10 kelurahan berbeda, untuk tempatnya belum kita tentukan, karena melihat kondisi dulu. Baru kalau sudah siap akan kita umumkan ke masyarakat,” ungkap Marnabas. Jum’at (11/3/2022).

Selain itu, Marnabas menambahkan ratusan ribu liter minyak goreng curah tersebut didatangkan dari pabrik yang ada di Balikpapan.

Setelah perlengkapan penyalurannya disiapkan, maka pada hari Jumat ini atau esok harinya sudah akan mulai didistribusikan kepada masyarakat.

“Tempat (penyalurannya) bukan di kantor kelurahan, kita cari tempat yang memungkinkan nanti kita umumkan, masyarakat tinggal datang membeli (minyak goreng) dengan kupon yang kita sediakan di tempat,” tambah Marnabas.

“Saya sudah perintahkan pengelola pasar untuk mendata pedagang yang akan membeli minyak curah untuk dijual kepada masyarakat, jadi untuk masyarakat ada, untuk pedagang juga ada sendiri,” Sambungnya.

Pemkot berharap tidak ada panic buying di tengah masyarakat saat penyaluran minyak goreng curah ini berlangsung.

Dinas Perdagangan memastikan stok minyak goreng yang disediakan akan cukup dan terus didistribusikan hingga stok minyak goreng di pasar stabil.

“Kalau 222.000 liter ini habis kita akan beli lagi, kita juga menunggu izin kementerian perdagangan untuk menggunakan kemasan sederhana, kalau sudah ada izinnya maka minyak goreng curah ini akan kita kemas,” pungkasnya.

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel