Follow kami di google berita

Arus Mudik Nataru di Pelabuhan Kayan II Bulungan Lancar, Tak Ada Penumpukan

A-News.id, Tanjung Selor – Arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) melalui Pelabuhan Kayan II di Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara, berlangsung kondusif. Tidak terjadi penumpukan penumpang, meski jumlah keberangkatan meningkat dibanding tahun lalu.

Dari pantauan di lapangan, Senin, 26 Desember 2023, jumlah penumpang yang berangkat melalui pelabuhan tersebut terus mengalami peningkatan sejak 19-22 Desember 2023.

Berdasarkan data dari BPTD Wilayah XVII Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, jumlah keberangkatan penumpang pada 2022 sebanyak 850 orang, sedangkan pada 2023 mencapai 1.166 orang.

Staf Kasyahbandaran BPTD Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Paulus Suban, mengakui peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi pada tanggal 20 Desember.

“Lonjakan keberangkatan ada peningkatan dibanding tahun 2022. Cuman, peningkatan tidak terlalu banyak,” kata Paulus saat dihubungi, Sabtu (23/12/2023).

Rata-rata keberangkatan penumpang didominasi warga lokal dengan tujuan keberangkatan Tarakan dan Kabupaten Nunukan.

“Penumpang mulai banyak Rabu (20/12) hingga hari ini, Sabtu (23/12),” ujar Paulus.

Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang, Paulus memastikan tidak terjadi penumpukan.

“Untuk hari ini Sabtu tidak ada penumpukan penumpang meskipun sudah hari libur Nataru,” kata Paulus.

Menurut Paulus, penumpukan penumpang tidak terjadi pada 2023 karena bertambahnya armada speedboat.

“Kalau sekarang armada sudah bertambah dan ada juga armada besar, makanya lancar tidak ada penumpukan yang terjadi,” ujar Paulus.

Dia mengimbau kepada penumpang untuk membeli tiket di loket resmi yang ada di pelabuhan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (LIA)

Bagikan

Subscribe to Our Channel