Follow kami di google berita

Festival Mahakam Kota Samarinda Akan Digelar 5-7 November 2021

A-news.id, Samarinda – Pasca diberlakukannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 untuk kota Samarinda, akhirnya Masyarakat Samarinda akhirnya bisa kembali menikmati Festival Mahakam (Fesma) yang akan digelar pada tanggal 5 hingga 7 November 2021 nanti.

Festival Tahunan kota Samarinda akan dilaksanakan di Taman Bebaya yang terletak di jalan Slamet Riyadi, kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Samarinda, I Gusti Ayu Sulistiani mengatakan bahwa pelaksanaan Festival Mahakam 2021 akan tetap menerapkan protocol Kesehatan (prokes) yang ketat. Pasalnya dampak pendemi Covid-19 mengharuskan pesta rakyat tahunan tersebut absen di tahun sebelumnya karena penyebaran Covid-19.

Beberapa perlombaan yang menjadi magnet dalam Festival Mahakam, namun dapat dipastikan jika kegiatan yang melibatkan kerumunan dipastikan akan ditiadakan.
 
“Beberapa atraksi yang biasanya digelar di Sungai Mahakam sekarang kami tiadakan. Hanya perahu hias yang akan digelar di sungai. Jadi acara terfokus di Taman Bebaya dan lokasi yang berada di dalam ruangan,” ungkapnya Ayu sapaanya. Kamis (4/11/2021).

Ayu menejelaskan dalam pergelaran Festival Mahakam 2021 bertepatan juga dengan pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan. Tidak hanya itu, beragam lomba yang melibatkan masyarakat dan pameran dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Tepian bakal menyemarakkan Festival Mahakam.
 
Disinggung mengenai target dalam pelaksaan festival tersebut, Ayu menuturkan bahwa dirinya tidak ingin berbicara lebih jauh mengenai kunjungan wisatawan yang hadir dalam Festival Mahakam. Namun dirinya tetap menyakini jika pada tahun ini tak kalah meriah dari tahun sebelumnya.

Begitu juga dengan keterilbatan pelaku usaha perekonomian dan UMKM di Samarinda, disebutkan Ayu akan ikut memeriahkan pelaksanaan tersebut.
 
Dirinya menambahkan jika yang terpenting adalah semua pelaku ekonomi dan pariwisata di Samarinda bisa kembali beraktivitas usai beragam pembatasan imbas pandemi Covid-19, Festival Mahakan menjadi salah satu langkah awal memulai kembali pemulihan ekonomi di Kota Tepian.

“Yang penting semuanya bisa berjalan meski secara perlahan. Teman-teman pelaku UMKM, Ekraf serta Pariwisata sudah rindu untuk beraktivitas sehingga kami sedikit demi sedikit mulai membuka keran agar mereka bisa beraktivitas lagi,” pungkasnya. (Ris)

Bagikan

Subscribe to Our Channel