Follow kami di google berita

69 Jemaah Haji Asal Berau Akhirnya Berangkat

Ilustrasi Keberangkatan Jemaah Haji Asal Berau

A-News.id, Tanjung Redeb – Lambaian tangan anggota keluarga mengiringi kepergian calon jemaah haji asal Kabupaten Berau yang dilepas oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih dari Masjid Agung Baitul Hikmah, Jalan APT. Pranoto, Tanjung Redeb, Rabu (22/6/2022).

Ibadah haji ini akhirnya dapat terselenggara di tahun 2022. Setelah tertunda dua tahun akibat wabah pandemi covid-19. Kondisi tertundanya keberangkatan itu pulalah yang dimanfaatkan para jemaah untuk lebih memperdalam pengetahuan terkait tata cara ibadah haji di tanah suci, Mekkah.

Diantara jemaah haji, Dede Suryadinata mengaku sangat senang, akhirnya bisa berangkat ke tanah suci, setelah menanti cukup lama. Jemaah ini pun mengaku, sudah banyak persiapan yang ia lakukan, mulai dari kesehatan, fisik hingga ilmu pengetahun.

“Sangat bersyukur sekali dalam tahun ini bisa berangkat, karena sudah tertunda selama dua tahun walaupun tidak seperti kuota haji sebelumnya, tahun ini hanya setengah dari jumlah keseluruhan jemaah,” katanya.

“Mudah-mudahan di tahun berikutnya, jumlah kuota bisa kembali normal seperti biasa tidak ada pembatasan lagi,” tambah Dede.

Terpisah, Koordinator Haji Kabupaten Berau menyebut, para calon jemaah haji berangkat dari Berau-Balikpapan pada pukul 13.00 Wita dan akan dikumpulkan lebih dulu di embarkasi haji Balikpapan. Selanjutnya, pada Kamis (23/6/2022) pukul 22.00 Wita seluruhnya akan langsung diberangkatkan menuju Arab Saudi.

Para jemaah haji yang berangkat di kloter pertama tersebut, dikatakan sudah melalui berbagai rangkaian pemeriksaan, meliputi berkas maupun pengecekan kesehatan tes PCR pada tanggal 21 Juni 2022, dua hari lalu.

“Secara administrasi sudah siap. Secara kesehatan juga sudah siap dan semua jemaah dari Kaltim akan dilepas oleh Gubernur, Isran Noor,” kata Kabag Kesra Setkab Berau, Syarif.

Para jemaah haji yang berangkay di kloter pertama ini, berjumlah 69 orang dari total keseluruhan kuota haji di Berau sebanyak 149 orang jemaah. Sementara 80 sisanya berangkat tahun depan. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel