Follow kami di google berita

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Kembali Digelar

ANews, Tanjung Redeb – Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri Berau bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan kembali menggelar program pemilihan duta pelajar sadar hukum yang kedua jenjang SMA sederajat tahun 2021, Sabtu (19/6/2021).

Program yang digelar di ballroom hotel Grand Parama di Tanjung Redeb tersebut, diikuti oleh 30 orang siswa yang mewakili 10 sekolah menengah atas se Kabupaten Berau.

Kepala Kejaksaan Negeri Berau memastikan, konsepnya sama seperti daerah-daerah lain yaitu nanti ada pemaparan dan presentasi dari masing-masing siswa.

“Jadi nanti akan dinilai oleh tim (juri) gabungan dari Kejaksaan maupun dari Dinas Pendidikan,” katanya.

Latar belakang digelarnya program duta pelajar sadar hukum tersebut yakni sebagai media pembelajaraan dalam melakukan penegakan hukum dilihat dari dua hal yakni selain dari dua sisi yakni dalam hal pembinaan juga pencegahan dalam rangka untuk menjaga hak asasi manusia (HAM).

“Sehingga sangat strategis sekarang generasi muda khususnya para siswa karena mereka ini adalah generasi penerus bangsa, perlu dari sekarang bagaimana bisa menumbuh kembangkan bisa ada kesadaran terkait hukum,” ujar Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim, Bambang Bachtiar dalam sambutannya

“Sehingga kalau ini kita canangkan pencegahan ini akan bisa meminimalisir daripada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum yang melakukan pelanggaran hukum,” sambungnya.

Bagi yang terpilih menjadi juara 1,2 dan 3 tingkat Kabupaten akan kembali diikutsertakan ke tingkat Provinsi.

“Dan bagi pemenang juara nasional itu nanti di grand final akan disiapkan juga beasiswa pada fakultas hukum perguruan tinggi yang akreditasinya A,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel